Manajemen Kurikulum Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di Smp Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012)

RAHAYU , SLAMET (2012) Manajemen Kurikulum Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di Smp Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
3.halaman_judul.pdf

Download (327kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4.BAB_I.pdf

Download (196kB)
[img] PDF (Bab II)
5.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab III)
6.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab IV)
7.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab V)
8.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
9.daftar_pustaka.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
2.naskah_publikasi.pdf

Download (224kB)

Abstract

Kurikulum pendidikan karakter merupakan kurikulum dimana pendidikan karakter atau pendidikan budi pekerti plus, yaitu yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasaan (feeling), dan tindakan (action) terintegrasi kedalam setiap mata pelajaran dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di sekolah. Sekolah dianggap sebagai sarana yang tepat untuk melakukan pembentukan akhlak dan moral anak sesuai dengan moral dan akhlak yang diharapkan oleh agama maupun oleh masyarakat. Dalam penelitian ini masalah yang dikaji adalah bagaimanakah pengelelolaan kurikulum pendidikan karakter dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta beserta kendala-kendala yang dihadapi? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengelolaan kurikulum pendidikan karakter dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta beserta kendala-kedala yang dihadapi. Manfaat penelitian ini meliputi manfaat teoritis yaitu memberikan kontribusi informasi tentang manajemen kurikulum pendidikan karakter dan menambah khasanah ilmu di bidang pendidikan. Dan manfaat praktis mencakup untuk memberikan pengetahuan tentang bagaimana manajemen kurikulum pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta khususnya dan sekolah lain pada umumnya dan Mengajak pelaku-pelaku pendidikan untuk membangun wacana kurikulum baru dalam dunia pendidikan, kemudian merumuskannya sesuai kebutuhan siswa dan dunia pendidikan pada umumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan dokumentasi, observasi dan wawancara. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dengan metode deskriptif kualitatif dengan cara berpikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data maka dapat disimpulkan bahwa: manajemen kurikulum pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta mencakup kegiatan perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian dan evaluasi. Sedangkan kurikulum pendidikan karakter merupakan kurikulum yang mengimplementasikan pendidikan karakter dalam KTSP pada setiap mata pelajaran yang dilaksanakan di dalam kelas dan di luar kelas. Adapun pelaksanaan pendidikan karakter dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan pelaksanaan pembelajaran yang mengacu pada kurikulum tingkat satuan pendidikan, hanya saja dalam pembelajaran seorang guru dituntut untuk dapat menerapkan metode pengajaran yang contextual learning dan active learning sehingga siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar dan dituntut untuk mampu menanamkan karakter pada peserta didik sehingga peserta didik menjadi Manusia yang berkarakter sesuai dengan karakter yang diharapkan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Pendidikan Karakter, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2012 12:07
Last Modified: 26 Sep 2012 12:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20287

Actions (login required)

View Item View Item