Implementasi Pendidikan Tauhid Usia Dini Di Tkit Al Mukmin Ngruki Waringinrejo Cemani Grogol Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012

SISMIATI , LUKLUK (2012) Implementasi Pendidikan Tauhid Usia Dini Di Tkit Al Mukmin Ngruki Waringinrejo Cemani Grogol Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
3.Halaman_Depan.pdf

Download (454kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4.BAB_I.pdf

Download (193kB)
[img] PDF (Bab II)
5.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab III)
6.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
7.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab V)
8.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (dapus)
9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
2.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (426kB)

Abstract

Pendidikan tauhid adalah pondasi awal bagi kaum muslimin dalam menjalani hidupnya didunia secara baik dan benar agar mengatarkan kepada kehidupan akhirat yang baik pula. Untuk itu Pendidikan tauhid haruslah ditanamkan kepada kaum muslimin sejak awal/ sejak dini. Meski seringkali hal ini terlalaikan oleh orang tua sebagai madrasah pertama bagi anak dalam menanamkan pendidikan keagamaan anak. Hal ini terjadi salah satunya karena kesibukan orang tua, ketidak siapan orang tua dalam mendidik maupun ketidakpahaman orang tua akan pentingnya pendidikan tauhid bagi anak. Sehingga banyaknya TKIT- TKIT yang ada sedikit banyak telah membantu para orang tua dalam mendidik anaknya, salah satunya TKIT Al mukmin Ngruki Sukoharjo. Berangkat dari latar belakang tersebut , kita dihadapkan beberapa permasalahan antara lain: bagaimana implementasi pendidikan tauhid usia dini di TKIT Al Mukmin Ngruki Sukoharjo serta adakah faktor penghambat dan faktor pendukungnya. Untuk itu penulis tertarik untuk mengadakan penelitian di Lembaga ini dengan tujuan untuk mengetahui bentuk implementasi pendidikan tauhidnya sudahkah sesuai dengan standar yang ditetapkan serta mengetahui apa saja faktor penghambat serta faktor pendukung yang mempengaruhi proses implementasi pendidikan tauhid di TKIT tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Adapun metode analisis datanya penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni menggambarkan realitas dilapangan dalam bentuk data-data deskriptif untuk digeneralisasikan dengan konsep ilmiah yang ada sehingga dapat diambil sebuah kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya pendidikan tauhid usia dini di TKIT Al Mukmin Ngruki Sukoharjo sudah cukup baik, meski masih ada beberapa hal yang menjadi penghambat dalam proses penerapan pendidikan tauhid di TKIT tersebut. Keberhasilan ini dapat dirasakan pihak sekolah maupun wali murid . Hal ini dapat dilihat dari, materi ketauhidan yang disampaikan, metode pengajaran yang digunakan, adanya evalusi pembelajaran, lingkungan pembelajaran, sarana prasarana serta perubahan sikap dan tingkah laku anak yang lebih baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendidikan Tauhid Usia Dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2012 11:39
Last Modified: 26 Sep 2012 12:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20279

Actions (login required)

View Item View Item