Perancangan Ulang Stasiun Kerja Mesin Pemintal Benang Afval Ditinjau Dari Aspek Ergonomis (Studi Kasus terhadap kelompok pengrajin desa Jombor, Klaten)

Apriyandhi, Rendhy Husnuzon (2012) Perancangan Ulang Stasiun Kerja Mesin Pemintal Benang Afval Ditinjau Dari Aspek Ergonomis (Studi Kasus terhadap kelompok pengrajin desa Jombor, Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._Hal_Depan.pdf

Download (363kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (246kB)

Abstract

Pada dasarnya sentral industri penggulungan benang afval di Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten ini dengan keseluruhan masih menggunakan desain atau model mesin satu spindel, dan hanya satu-satunya cara yang bisa dihandalkan dan dipertahankan agar usaha yang dijalankan tetap dapat berjalan dan dioperasikan dalam berproduksi. Dalam penelitian ini peneliti mencoba untuk merancang mesin penggulungan benang afval dengan memodifikasi satu spindel menjadi empat spindel dan masih menggunakan penggerak putaran manual yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah kapasitas produksi dan mendapatkan waktu yang efektif dalam proses penggulungannya memproduksi serta mampu memajukan perindustrian kecil seperti industri tekstil benang afval. Dengan penelitian kali ini diharapkan dapat menjadikan pertimbangan industri tekstil benang afval terutama dalam perindustrian kecil di Kabupaten Klaten. Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut, maka perlu dilakukan perbaikan terhadap stasiun kerja mesin, untuk mendapatkan stasiun kerja yang ergonomis dengan pendekatan antropometri agar dihasilkan suatu rancangan yang aman dan nyaman sehingga mengurangi gangguan kesehatan pada pengguna mesin. Dari hasil keseluruhan dapat dirancang sebuah usulan perancangan stasiun kerja. Stasiun kerja ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu: Meja Mesin Pemintal Benang Afval, Kursi duduk operator, 2 buah kardus tempat gulungan dan 4 buah gulungan benang Afval sebagai input dari sepindel mesin benang afval.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ergonomi, Antrop[ometri, stasiun Kerja, Spindel.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Sep 2012 11:26
Last Modified: 26 Sep 2012 12:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20275

Actions (login required)

View Item View Item