Analisis Hubungan Variabel Pembentuk Loyalitas Produk Toyota (Avanza) (Studi Kasus: Dealer Nasmoco Slamet Riyadi Solo)

Kusmani, Kusmani (2012) Analisis Hubungan Variabel Pembentuk Loyalitas Produk Toyota (Avanza) (Studi Kasus: Dealer Nasmoco Slamet Riyadi Solo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan_dan_pengesahan.pdf

Download (135kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (268kB)

Abstract

Semakin pentingnya kendaraan roda empat, khususnya jenis Multi Purpose Vehicle pada dealer Nasmoco Slamet Riyadi Solo, Jawa Tengah untuk mobil avanza banyak digemari oleh setiap orang. Namun setiap orang pasti punya keinginan yang berbeda akan kepuasaan dari setiap atribut produk , hal ini adapat mengakibatkan menurunnya pangsa pasar dan market share mobil avanza. Saat ini jumlah penjualan untuk jenis mobil niaga mengalami sedikit kenaikan akibat loyalitas pelanggan yang menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif kemudian dimasukkan ke dalam matrik Boston Consulting Group(BCG) sehingga diketahui posisi kuadran produk. Kemudian menganalisis variabel pembentuk loyalitas berdasarkan studi pustaka dan preferensi dari peneliti dan manajer pemasaran nasmoco. Variabel tersebut digunakan untuk menyusun kuisioner. Kecenderungan pemilihan variabel dari responden akan dijadikan hipotesis. Selanjutnya akan diketahui hubungan yang paling signifikan dari variabel pembentuk loyalitas dengan Structural Equation Modeling (SEM) dan dilakukan analisis hipotesis dengan hasil positioning, serta membuat usulan rancangan strategi pemasaran. Pada mobil avanza memiliki tingkat pertumbuhan pasar 12%. Ini termasuk tinggi dengan pangsa pasar relatif tinggi 0.6, sedangkan untuk APV dan Xenia memiliki tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatife masing- masing 9% dan 0.4 serta 9% dan 0.2. Keduanya termasuk rendah dengan pangsa pasar relatif rendah. Variabel yang sangat berpengaruh terhadap loyalitas konsumen adalah harga dengan nilai Estimate pada uji korelasi SEM adalah 0,682. Variabel yang kurang signifikan terhadap loyalitas konsumen adalah pelayanan dengan nilai Estimate pada uji korelasi SEM adalah 0,607.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Positioning, Matrik BCG, Metode SEM
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Sep 2012 11:12
Last Modified: 26 Sep 2012 11:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20271

Actions (login required)

View Item View Item