Pemanfaatan Citra Quickbird Untuk Pemetaan Zonasi Daerah Rawan Kebakaran Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman Dengan Menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Geografis

Pratama, Gani Ahmad (2012) Pemanfaatan Citra Quickbird Untuk Pemetaan Zonasi Daerah Rawan Kebakaran Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman Dengan Menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Geografis. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
halaman_depan.pdf

Download (846kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah piblikasi)
JURNAL_PUBLIKASI_E100100086.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Kota maupun perkembangan dari perkotaan selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu baik dari segi fisik maupun non fisik. Perubahan yang terjadi pada wilayah terbangun dipengaruhi adanya tuntutan pemanfaatan lahan yang tinggi untuk kawasan permukiman akan menyebabkan berbagai masalah. Salah satunya adalah masalah kebakaran. Kebakaran dapat memberikan dampak merugikan baik terhadap keselamatan jiwa maupun harta benda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keakuratan citra Quickbird dalam menyadap variabel-variabel yang digunakan untuk melakukan zonasi rawan kebakaran permukiman kota dan menentukan pewilayahan kerentanan kebakaran yang terjadi di daerah penelitian berdasarkan variabelvariabel penilai kerentanan kebakaran. Metode analisis yang digunakan adalah pengharkatan berjenjang tertimbang, yaitu dengan melakukan scoring masingmasing variabel kerentanan kebakaran, kemudian melakukan pembobotan tiaptiap variabel. Variabel yang digunakan meliputi kepadatan bangunan, tata letak bangunan, lebar jalan masuk, lokasi terhadap jalan utama, lokasi terhadap kantor pemadam kebakaran, kualitas bahan bangunan, listrik, aktivitas internal, dan ketersediaan hidran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Citra Quickbird memiliki ketelitian yang tinggi yaitu 93,24 %. Wilayah dengan kelas kerentanan tinggi sebesar 507,28 ha, banyak terdapat di Desa Maguwoharjo. Kelas kerentanan sedang sebesar 1.904,44 ha, banyak terdapat di Desa Catur Tunggal. Wilayah dengan tingkat kerentanan rendah sebesar 819,13 ha, banyak terdapat di Desa Maguwoharjo. Variabel yang paling berpengaruh terhadap kerentanan kebakaran adalah tata letak bangunan, kepadatan bangunan, dan lebar jalan masuk.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mapping, Zoning, Insecurity
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 26 Sep 2012 10:28
Last Modified: 26 Sep 2012 13:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20264

Actions (login required)

View Item View Item