Evaluasi Tingkat Daya Jual Ruko Dan Arahan Pengembangan Ruko Menggunakan Penginderaan Jauh Dan Sistem Informasi Geografis Di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Helmi, Yunus (2012) Evaluasi Tingkat Daya Jual Ruko Dan Arahan Pengembangan Ruko Menggunakan Penginderaan Jauh Dan Sistem Informasi Geografis Di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2_Halaman_Depan.pdf

Download (882kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3_BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
4_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab III)
5_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)
[img] PDF (Bab IV)
6_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7_Daftar_Pustaka.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
8_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10_Naskah_Publikasi.pdf

Download (685kB)

Abstract

Penelitian evaluasi tingkat daya jual ruko dan arahan pengembangan ruko menggunakan penginderaan jauh dan sistem informasi geografis ini dilakukan di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan Penelitian ini adalah Mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat daya jual ruko, mengetahui tingkat keakuratan pemodelan spasial penelitian sebelumnya dan mengetahui arahan pengembangan pembangunan ruko selanjutnya berdasar evaluasi di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Unit analisis dari penelitian ini adalah batas administrasi Kelurahan. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Overlay peta dilakukan untuk mengetahui tingkat keakuratan pemodelan spasial penelitian sebelumnya dengan peta hasil evaluasi tingkat daya jual ruko. Pemodelan spasial dan peta hasil evaluasi tingkat daya jual ruko digunakan untuk mengetahui arahan pengembangan pembangunan ruko selanjutnya. Penelitian ini menggunakan 4 variabel tingkat daya jual ruko yaitu variabel lokasi, harga ruko, desain ruko, dan kelengkapan fasilitas.Hasil dari penelitian ini, bahwa faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat daya jual ruko di daerah penelitian yaitu faktor lokasi yang terdiri dari lokasi yang dekat dengan jalan raya, lokasi yang dekat dengan kampus dan lokasi yang dekat dengan pemukiman. Faktor lokasi harga, faktor kelengkapan fasilitas mencakup lahan parkir, fasilitas air dan listrik yang memadai dan faktor desain luar ruko (desain klasik, spanyol, dan modern minimalis). Berdasar dari hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa ruko – ruko yang terdapat di Kecamatan Depok yang mempunyai parameter – parameter yang lengkap (faktor lokasi strategis, harga ruko yang baik, kelengkapan fasilitas memadai, dan desain ruko yang menarik) untuk dapat berkembang dengan tingkat daya jual yang tinggi berada di Kelurahan Caturtunggal karena daerah ini mempunyai lokasi strategis dan banyak terdapat lokasi kampus. Untuk lokasi yang berpotensi setelah kelurahan Caturtunggal yaitu kelurahan Condongcatur karena parameter - parameter yang berpengaruh terhadap daya jual ruko cukup lengkap terdapat di Kelurahan ini. Hasil dari uji akurasi terhadap pemodelan spasial ruko sebelumnya yang berdasarkan hasil kajian di lapangan di simpulkan bahwa pemodelan spasial lokasi ruko di Kecamatan Depok untuk prioritas kelas I tingkat akurasi mencapai 75%, sedangkan kelas II akurasinya mencapai 38,5% dan kelas III akurasinya mencapai 49% . Arahan pengembangan pembangunan ruko selanjutnya berdasar dari hasil evaluasi dan pemodelan spasial ruko berada di Kelurahan Caturtunggal yaitu sepanjang jalan Kaliurang dan sekitarnya, sepanjang jalan Gejayan, sepanjang jalan Yogya – Solo yang dekat dengan perbatasan kota Yogyakarta, dan sebagian jalan Ringroad Utara.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 26 Sep 2012 07:27
Last Modified: 26 Sep 2012 07:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20252

Actions (login required)

View Item View Item