Analisis Beban Berlebih (Overload) Terhadap Umur Pelayanan Jalan Dengan Menggunakan Metode Analitis (Studi Kasus Ruas Jalan Tol Semarang)

SEGARA , ARIA BAYU (2012) Analisis Beban Berlebih (Overload) Terhadap Umur Pelayanan Jalan Dengan Menggunakan Metode Analitis (Studi Kasus Ruas Jalan Tol Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (233kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab VI)
9._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._LAMPIRAN_TUGAS_AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
2._Naskah_Publikasi_karfya_ilmiah.pdf

Download (569kB)

Abstract

Salah satu penyebab rusaknya konstruksi perkerasan jalan adalah kendaraan dengan muatan berlebih (overload). Hal tersebut akan berakibat menurunnya umur pelayanan jalan. Berkaitan dengan hal tersebut, dalam tulisan ini akan membahas tentang seberapa besar pengaruh beban berlebih (overload) terhadap umur pelayanan jalan, dimana variasi beban yaitu beban gandar standar (8,16 ton), dan overloading sebesar 5%, 10%, 15%, 20%, 100% terhadap beban gandar standar. Penelitian dilakukan dengan jalan menganalisis data-data sekunder berupa data geometrik, data hasil pengujian material, data kecepatan rata-rata, dan data temperatur untuk mencari nilai kekakuan campuran elastik (Sme) tiap lapisan konstruksi perkerasan jalan yang digunakan sebagai input pada program Bisar 3.0. Hasil analisis program Bisar berupa regangan tarik vertikal (εt) untuk kondisi fatigue dan regangan tekan horizontal (εt) untuk kondisi deformasi yang selanjutnya digunakan untuk menghitung besarnya umur pelayanan jalan, sehingga pengaruh dari beban berlebih (overload) kendaraan dapat diketahui. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa beban berlebih (overload) kendaraan sangat berpengaruh terhadap umur pelayanan jalan. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan variasi overloading 5%, 10%, 15%, 20%, dan 100% terhadap beban gandar standar, terjadi penurunan umur pelayanan untuk kriteria fatigue dan deformasi pada kondisi kritis masing-masing 2,99%, 5,97%, 8,96%, 11,94%, 44,03%, 5,8%, 10,15%, 14,49%, 18,84%, dan 49,28% terhadap beban gandar standar, sedangkan penurunan umur pelayanan untuk kriteria fatigue dan deformasi kondisi gagal masing-masing adalah 2,35%, 5,7%, 7,06%, 9,41%, 35,29%, 2,8%, 6,54, 9,35%, 12,15%, dan 45,79% terhadap beban gandar standar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: overload, Bisar 3.0, umur pelayanan.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 25 Sep 2012 11:24
Last Modified: 25 Sep 2012 12:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20233

Actions (login required)

View Item View Item