Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Kesehatan Reproduksi Wanita Dengan Perilaku Pencegahan Keputihan Pada Siswi Di Sma Negeri 1 Jatinom

Sugiarto , Tri Hartati (2012) Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Kesehatan Reproduksi Wanita Dengan Perilaku Pencegahan Keputihan Pada Siswi Di Sma Negeri 1 Jatinom. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (407kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (BAB VI)
08._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
12._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (349kB)

Abstract

Masalah kesehatan reproduksi yang sering terjadi pada remaja putri salah satunya adalah keputihan. Keputihan yang terjadi dapat bersifat fisiologis (normal) maupun patologis (tidak normal). Praktik dalam menjaga kebersihan organ genitalia merupakan cara untuk mencegah terjadinya keputihan yang tidak normal pada remaja putri. Untuk dapat melakukan tindakan perilaku keputihan dibutuhkan pengetahuan yang baik pada siswi yang bersangkutan. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang kesehatan reproduksi wanita dengan perilaku pencegahan keputihan pada siswi di SMA Negeri 1 Jatinom. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian deskriptif korelatif . sampel penelitian adalah siswi kelas X, XI, dan XI sebanyak 81 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel proposional stratified random sampling. Instrument penelitian menggunakan kuesioner, dan data penelitian dilakukan uji hipotesis menggunakan Chi Square. Hasil penelitian diperoleh data 24 siswi (29,6%) memiliki Pengetahuan kesehatan reproduksi wanita dengan baik, 28 siswi (34,6%) dengan pengetahuana cukup dan 29 siswi (35,8%) dengan pengetahuan kurang. Perilaku pencegahan keputihan diperoleh data 21 siswi (25,9%) memiliki perilaku yang baik, 32 siswi (39,5%) dengan perilaku cukup, dan 28 siswi (34,6%) dengan perilaku kurang. Hasil uji stastitik diperoleh nilai 2 = 13,654 dengan signifikansi p = 0,008 (p<0,05). Hasil tersebut menyimpulkan ada hubungan tingkat pengetahuan tentang kesehatan reproduksi wanita dengan perilaku pencegahan keputihan pada siswi di SMA Negeri 1 Jatinom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Perilaku, Kesehatan Reproduksi wanita, Keputihan
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 24 Sep 2012 13:20
Last Modified: 24 Sep 2012 13:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20216

Actions (login required)

View Item View Item