PENGARUH PARTISIPASI DALAM PENYUSUNAN APBD BERBASIS ANGGARAN KINERJA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN MOTIVASI SEBAGAI MODERATING VARIABLE (Survey pada Pemerintahan Daerah Se-Eks Karisidenan Surakarta)

Kartika, Wisdya Ratna (2008) PENGARUH PARTISIPASI DALAM PENYUSUNAN APBD BERBASIS ANGGARAN KINERJA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN MOTIVASI SEBAGAI MODERATING VARIABLE (Survey pada Pemerintahan Daerah Se-Eks Karisidenan Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B200030073.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)

Abstract

Anggaran kinerja dengan pendekatan bottom-up planning memungkinkan terjadinya negosiasi di antara para manajer tiap satuan kerja untuk mencapai tujuan kepentingan bersama. Keikutsertaan manajer tiap satuan kerja dalam proses penyusunan anggaran, maka secara tidak langsung turut memberikan input terhadap kinerja secara keseluruhan, dan juga dapat meningkatkan kinerja para manajer tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi penyusunan anggaran berbasis kinerja terhadap kinerja manajerial dengan motivasi sebagai variabel pemoderasi.. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh aparat pemerintah daerah di eks Karesidenan Surakarta. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 37 aparat pemerintah daerah di eks Karesidenan Surakarta. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil kuesioner diuji kualitasnya dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian memperoleh hasil sebagai berikut: (1) Partisipasi dalam proses penyusunan APBD berbasis kinerja berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar 3,555 dengan p=0,001 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H1 diterima. Artinya partisipasi dalam proses penyusunan APBD berbasis anggaran kinerja akan semakin meningkatkan kinerja manajerial; (2) Interaksi antara partisipasi penyusunan anggaran dan motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja manajerial. Hasil analisis regresi yang memperoleh thitung sebesar 3,682 dengan p=0,001 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H2 diterima. Artinya interaksi antara partisipasi dan motivasi berpengaruh terhadap hubungan partisipasi dalam penyusunan APBD dengan kinerja manajerial. Partisipasi akan menurunkan kinerja jika motivasi manajer rendah dan partisipasi akan meningkatkan kinerja jika motivasi manajer tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi penyusunan anggaran berbasis kinerja, kinerja manajerial, motivasi
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Aug 2008 02:33
Last Modified: 02 Feb 2011 07:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item View Item