Analisis Pengaruh Kecepatan Kendaraan Terhadap Umur Rencana Jalan Dengan Menggunakan Metode Analitis (Studi Kasus Ruas Jalan Rembang - Bulu)

Nugroho, Aditya (2012) Analisis Pengaruh Kecepatan Kendaraan Terhadap Umur Rencana Jalan Dengan Menggunakan Metode Analitis (Studi Kasus Ruas Jalan Rembang - Bulu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3.Halaman_depan.pdf

Download (457kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_1.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] PDF (Bab VI)
9.BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._Naskah_Publikasi.pdf

Download (577kB)

Abstract

Jalan Pantura merupakan jalan nasional sebagai jalur utama penghubung antara Jakarta – Semarang – Surabaya yang berperan penting untuk menggerakkan perekonomian nasional dan khusunya daerah Pulau Jawa bagian Utara. Seiring dengan meningkatnya kepadatan lalu lintas yang melintas pada perkerasan jalan tersebut menyebabkan berbagai kendala, salah satunya adalah kerusakan pada bagian konstruksi jalan yang tidak sesuai dengan umur rencana perkerasan jalan, salah satu penyebab dari kerusakan itu adalah faktor loading time sebagian akibatnya dari kecepatan kendaraan. Berkaitan dengan hal tersebut dalam penelitian ini akan dibahas mengenai pengaruh kecepatan dengan variasi kecepatan yaitu, kecepatan rencana 43 km/jam sedangkan variasi kecepatannya 20 km/jam, 30 km/jam, 60 km/jam, 80 km/jam. Metode analitis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Nottingham Design Method dengan menggunakan bantuan program BISAR (Bitumen Analysis in Roads) 3.0, data-data pendukung seperti data lalu lintas harian rata-rata (LHR), data CBR, data temperature tahunan rata-rata, data kecepatan, dan lain sebagainya diperoleh dari Dinas Bina Marga Jawa Tengah. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis untuk mencari nilai yang dibutuhkan sebagai input ke Program BISAR (Bitumen Analysis in Roads) 3.0. Output dari Program BISAR (Bitumen Analysis in Roads) 3.0 yaitu asphalt mix tensile strain untuk kondisi fatigue (ԑt) dan asphalt mix vertikal strain deformasi (ԑz) yang dipakai untuk menghitung besarnya umur rencana perkerasan jalan. Berdasarkan hasil tentang analisis pengaruh kecepatan kendaraan terhadap umur rencana jalan berdasarkan metode analitis (Nottingham Design Method) dengan alat bantu program BISAR (Bitumen Analysis in Roads) 3.0, bahwa kecepatan kendaraan berpengaruh terhadap umur rencana jalan. Dapat ditunjukkan dengan persamaan regresi, untuk kriteria retak lelah pengaruh kecepatan terhadap umur rencana jalan dalam kondisi kritis yaitu y = 0,000x + 0,012 dan untuk kondisi gagal yaitu y = 0,004x + 0,072. Sedangkan untuk kriteria deformasi, pengaruh kecepatan terhadap umur rencana jalan dalam kondisi kritis yaitu y = 0,001x + 0,294 dan kondisi gagal yaitu y = 0,007x + 2,261

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: loading time, Nottingham Design Mehod, BISAR 3.0
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 24 Sep 2012 08:53
Last Modified: 24 Sep 2012 08:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20191

Actions (login required)

View Item View Item