Dasar-Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Center Of Early Childhood Education In Solo Dengan Penekanan Teori Warna

Putri, Ria Hapsari (2012) Dasar-Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Center Of Early Childhood Education In Solo Dengan Penekanan Teori Warna. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (50MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (194kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun. Ini dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani rohani anak agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut pada jalur formal, non formal, dan informal. Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada perletakan dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio-emosional (sikap, perilaku, dan agama), bahasa, dan komunikasi. Sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Warna dapat digunakan sebagai alat komunikasi dengan anak karena memudahkan menanggapi bahasa. Anak-anak sudah dapat membedakan warna sejak usia 6 bulan awal. Warna dapat merangsang anak-anak terutama bagi anak dengan gangguan defisit perhatian. Dengan warna anak-anak belajar untuk mengekpresikan diri dan ketika mereka diperbolehkan untuk memilih warna untuk menghias kamar atau memilih warna pakaian, mereka akan menjadi lebih percaya diri dan membuka lebih banyak kreativitas dan ekspresi Adapun tujuan dari perancangan ini adalah merancang bangunan pendidikan anak usia dini dengan mengedepankan konsep teori warna sebagai perancangan dan untuk mengembangkan segala kreatifitas anak dengan warna sebagai alatnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Warna, Psikologi Anak
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Sep 2012 07:24
Last Modified: 24 Sep 2012 08:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20186

Actions (login required)

View Item View Item