Pelaksanaan Perjanjian Kerjasama Dalam Jual Beli Kendaraan Bermotor Antara UD. Joding Jaya Motor Dengan PT. Adira Dinamika Multi Finance Di Surakarta

Askhad, Farid (2012) Pelaksanaan Perjanjian Kerjasama Dalam Jual Beli Kendaraan Bermotor Antara UD. Joding Jaya Motor Dengan PT. Adira Dinamika Multi Finance Di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
08._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (376kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui bentuk proses dan isi perjanjian kerjasama antara UD. Joding Jaya Motor dengan PT. Adira Dinamika Multi Finance serta hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh pihak-pihak yang terkait dalam perjanjian kerjasama. 2) Mengetahui pelaksanaan perjanjian kerjasama tersebut. 3) Mengetahui hambatan-hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan perjanjian kerjasama tersebut dan cara penyelesaiannya. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian yuridis sosiologis, sifat penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan pemilik UD. Joding Jaya Motor di Surakarta, data sekunder berupa data bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, bahan hukum tersier. Teknik analisis menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Metode analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : 1) Bentuk dan isi perjanjian kerjasama antara UD. Joding Jaya Motor dengan PT. Adira Dinamika Multi Finance yang dilaksanakan di Surakarta dilakukan secara tertulis berupa kontrak di bawah tangan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak sehingga apa yang sudah diperjanjikan berlaku sebagai asas pacta sunt servanda (Perjanjian yang sudah disepakati oleh para pihak, berlaku sebagai undang-undang bagi para pihak yang menyelenggarakan). 2) Dalam pelaksanaan perjanjian kerjasama antara UD. Joding Jaya Motor dengan PT. Adira Dinamika Multi Finance, kedua belah pihak telah sepakat untuk secara konsisten dan bertanggungjawab melaksanakan perjanjian yang telah disepakati, dalam hal ini UD. Joding Jaya Motor sebagai penyedia barang (kendaraan bermotor) dan mencari konsumen, sedangkan PT. Adira Dinamika Multi Finance sebagai penyedia dana. Pihak UD. Joding Jaya Motor dengan pihak PT. Adira Dinamika Multi Finance sepakat bahwa semaksimal mungkin jika terjadi permasalahan yang timbul dari pelaksanaan perjanjian kerjasama maka jalan utama adalah melalui musyawarah mufakat untuk menjaga nama baik dari UD. Joding Jaya Motor maupun menjaga reputasi PT. Adira Dinamika Multi Finance dalam dunia bisnis pembiayaan. 3) Hambatan-hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan perjanjian kerjasama jual beli antara UD. Joding Jaya Motor dengan PT. Adira Dinamika Multi Finance yaitu mengenai dana atas motor yang diajukan untuk pembiayaan dari pihak penyedia dana, kadang mengalami keterlambatan pencairan dan membutuhkan pengelolaan manajemen keuangan yang efisien dan terpecaya. Hambatan yang lain mengenai pencarian konsumen yang lebih selektif agar tidak terjadi wanprestasi atau ada salah satu pihak yang dirugikan oleh konsumen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perjanjian kerjasama, jual beli
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Sep 2012 06:49
Last Modified: 21 Sep 2012 07:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20165

Actions (login required)

View Item View Item