Peningkatan Kemampuan Berperilaku Mulia Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual Di Kelompok B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Parakan Bolong Karanganyar

Subekti , Ika Nur (2012) Peningkatan Kemampuan Berperilaku Mulia Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual Di Kelompok B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Parakan Bolong Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (14MB)

Abstract

Kemampuan berperilaku mulia anak perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berperilaku mulia anak adalah melalui bercerita dengan mediaaudio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berperilaku mulia anak melalui metode bercerita dengan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Parakan Bolong Karanganyar, semester II tahun pelajaran 2011/2012. Adapun jumlah anak didik kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Parakan Bolong Karanganyar adalah 26 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah, dan guru kelas pendamping. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara komparatif, yaitu perbandingan antara kemampuan berperilaku mulia dengan indikator pencapaian pada setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berperilaku mulia anak melalui bercerita dengan media audio visual, yakni kemampuan berperilaku mulia pra siklus sebesar 44 %, peningkatan kemampuan berperilaku mulia siklus I sebesar 55 %, peningkatan kemampuan berperilaku mulia siklus II mencapai 70 % dan peningkatan kemampuan berperilaku mulia siklus III mencapai 89 %. Untuk meningkatkan kemampuan berperilaku mulia anak melalui bercerita dengan media audio visual juga didukung oleh beberapa indikator yaitu berperilaku jujur, berperilaku sopan, menghormati yang lebih tua, menutup mulut dan hidung bila bersin. Selain itu keberhasilan dalam peningkatan kemampuan berperilaku mulia ini juga didukung metode pendukung diantaranya adalah pemberian waktu untuk berpendapat tentang periaku mulia dan tidak mulia serta pemberian motivasi berupa reward dan pujian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bercerita dengan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berperilaku mulia anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berperilaku Mulia, Bercerita Dengan Media Audio Visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 20 Sep 2012 13:17
Last Modified: 21 Sep 2012 10:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20149

Actions (login required)

View Item View Item