Penyelesaian Tindak Pidana Kealpaan Yang Menyebabkan Kecelakaan Lalu-Lintas Dan Matinya Orang Lain Yang Dilakukan Pengemudi Kendaraan Bermotor (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Surakarta)

Santoso, Fajar (2012) Penyelesaian Tindak Pidana Kealpaan Yang Menyebabkan Kecelakaan Lalu-Lintas Dan Matinya Orang Lain Yang Dilakukan Pengemudi Kendaraan Bermotor (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (721kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Dafpus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_publikasi.pdf

Download (452kB)

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui fator-faktor yang menyebabkan terjadinya kealpaan pada kecelakaan lalu-lintas dan dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan pidana terhadap perkara tindak pidana kealpaan yang menyebabkan matinya orang lain yang dilakukan pengemudi sepeda motor di Pengadilan Negeri Surakarta. Pendekatan penelitian hukum ini, menggunakan pendekatan hukum normatif atau doktrinal yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder belaka. Di dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan penelitian yang bersifat deskriptif. Jadi di sini penulis berusaha melukiskan keadaan dari suatu objek yang dijadikan permasalahan yaitu mengenai pertimbangan hakim dalam memeriksa dan memutus perkara tindak pidana kealpaan yang menyebabkan matinya orang lain tersebut. Lokasi penelitian di Pengadilan Negeri Surakarta. Sumber data yang dipergunakan pada dasarnya hanya mendasarkan data-data sekunder yang mencakup bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder seperti: Putusan Pengadilan Negeri Surakarta, KUHP, Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009, buku-buku referensi, dll,. Data yang diperoleh akan diolah kemudian dianalisis secara kualitatif. xiv Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penyelesaian tindak pidana kealpaan yang menyebabkan kecelakaan lalu-lintas dan matinya orang lain yang dilakukan pengemudi kendaraan bermotor di Pengadilan Negeri Surakarta telah sesuai dengan ketentuan Undang-Undang, Norma, Doktrin dan Yurisprudensi yang telah ada.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kealpaan, lalu-lintas.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2012 10:49
Last Modified: 26 Sep 2012 05:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20136

Actions (login required)

View Item View Item