Kajian Yuridis Terhadap Tindak Pidana Penggelapan Kendaraan Bermotor Roda Dua (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Sukoharjo)

Prasojo, Siswo (2012) Kajian Yuridis Terhadap Tindak Pidana Penggelapan Kendaraan Bermotor Roda Dua (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
SISWO_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (357kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
SISWO_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
SISWO_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
SISWO_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
SISWO_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASPUB.pdf

Download (107kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui alas an atau motif dari terdakwa dalam melakukan tindak pidana penggelapan kendaraan bermotor roda dua, dasar pertimbangan Hakim di dalam pemeriksaan perkara dan hambatanhambatan dalam pemeriksaan perkara tersebut. Kendaraan bermotor merupakan sarana transportasi vital yang merupakan barang berharga yang semakin banyak pemiliknya maupun yang ingin memilikinya. Semakin banyak kendaraan bermotor tentu membawa konsekuensi yang semakin besar akan tantangan penggelapan terhadap kendaraan bermotor itu sendiri. Kejahatan penggelapan kendaraan bermotor dipengaruhi adanya peluang dan kemudahan karena hanya berdasarkan rasa percaya, misalnya seseorang meminjam kendaraan bermotor milik temannya dengan alasan tertentu sehingga sang pemilik tanpa ada rasa curiga meminjamkan kendaraan bermotor dimilikinya kepada temannya tersebut tapi ternyata teman yang dipinjami tersebut tidak mengembalikan kendaraan bermotor itu tapi malah digadaikan atau seseorang yang meminjam kendaraan bermotor disebuah rental dengan jaminan sejumlah uang sewa dan KTP tapi kemudian sang peminjam tersebut tidak mengembalikan kendaraan bermotor itu sesuai dengan batas waktu yang ditentukan dan kendaraan bermotor itu digadaikan kepada orang lain. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Data yang dibutuhkan adalah data-data primer, dalam menganalisis data, dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan alasan atau motif dari pelaku dalam melakukan aksinya muncul saat pelaku sangat membutuhkan dana dengan berbagai alasan yang meyakinkan korban yang sudah dikenalnya baik, misalnya meminjam kendaraan bermotor untuk menjemput temannya. Dasar pertimbangan yang digunakan Hakim yaitu pertimbangan yuridis yaitu Pasal 372 KUHP dan Pasal 378 KUHP serta pertimbangan non yuridis yang memberatkan dan meringankan meliputi selama pemeriksaan tidak terbukti adanya faktor-faktor yang menghapuskan kesalahan terdakwa, terdakwa mempertanggung jawabkan perbuatannya; terdakwa telah menikmati hasil kejahatannya; terdakwa belum pernah dihukum; dan terdakwa mengakui perbuatannya. Hambatan-hambatan dalam pemeriksaan perkara tindak pidana pada umumnya dikarenakan hakim tidak hadir, jaksa penuntut umum tidak hadir, pembela tidak hadir, minimnya bukti, tersangka berbelit-belit dalam memberikan keterangan. Adapun hambatanhambatan yang muncul dalam kasus ini yaitu penggelapan kendaraan bermotor roda dua di Pengadilan Negeri Sukoharjo adalah sulitnya menghadirkan saksi yang mengetahui kejadian pelaku atau terdakwa dalam mendapatkan barangnya dan pembuktikan barang ditangan pelaku atau terdakwa bukan karena kejahatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 20 Sep 2012 05:54
Last Modified: 20 Sep 2012 05:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20112

Actions (login required)

View Item View Item