Materi Pendidikan ‘Aqîdah Dalam Syair-Syair Ebiet G. Ade

NASRULLAH, NASRULLAH (2012) Materi Pendidikan ‘Aqîdah Dalam Syair-Syair Ebiet G. Ade. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Artikel_Publikasi.pdf

Download (854kB)

Abstract

Pendidikan Islam adalah upaya atau ikhtiar yang dilakukan oleh si pendidik dan/atau terdidik dalam rangka terbentuknya kedewasaan jasmani dan/atau rohani (kognitif, psikomotor, dan afektif) terdidik sesuai dengan tuntunan ajaran islam dalam rangka kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Untuk itu, tujuan umum pendidikan islam ialah terbentuknya manusia yang baik, yaitu manusia yang beribadah kepada Allah dalam rangka pelaksanaan fungsi kekhalifahannya di muka bumi. Oleh karena itu, sebagai manusia yang beribadah masih banyak penyimpangan-penyimpangan ‘aqîdah yang dilakukannya terhadap Allah swt. Ebiet G. Ade adalah salah satu orang yang berusaha untuk memperbaiki penyimpangan-penyimpangan itu melalui syairnya. Beliau adalah penyanyi akhir tahun 70-an yang sampai saat ini masih familiar dikalangan masyarakat. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan ‘aqîdah apakah yang terkandung dalam syair-syair Ebiet G. Ade. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan ‘aqîdah dalam syair-syair/lagu-lagu Ebiet G. Ade. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan. Adapun sumber yang yang digunakan adalah berasal dari sumber data yang dipergunakan peneliti yaitu data primer dan sekunder. Data primer adalah data utama, yaitu data yang diseleksi atau diperoleh langsung dari sumbernya tanpa perantara, seperti teks-teks lagu Ebiet G Ade serta MP3-nya. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperolah secara tidak langsung atau lewat perantara, tetapi tetap bersandar kepada kategori atau parameter yang menjadi rujukan. Metode analisis datanya menggunakan analisis isi. Hasil dari penelitian ini adalah adanya makna dan nilai-nilai pendidikan ‘aqîdah yang terkandung dalam syair-syair Ebiet G. Ade berupa iman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, rasul-rasulNya, Hari Akhir, serta iman kepada qadha dan qadhar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Materi Pendidikan ‘Aqîdah dan Syair-syair Ebiet G. Ade.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2012 12:03
Last Modified: 19 Sep 2012 12:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20107

Actions (login required)

View Item View Item