Analisis Pengaruh Kondisi Pondasi Material Berbutir Terhadap Umur Pelayanan Jalan Dengan Metode Analitis (Studi Kasus Jalan Pantura Ruas Rembang–Bulu)

Giri, Desnata Pramida (2012) Analisis Pengaruh Kondisi Pondasi Material Berbutir Terhadap Umur Pelayanan Jalan Dengan Metode Analitis (Studi Kasus Jalan Pantura Ruas Rembang–Bulu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (197kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (231kB)

Abstract

Penyebab rusaknya jalan sangatlah banyak, seperti kerusakan akibat overload, akibat saluran drainase jelek, jenis material dan sebagainya. Pada penelitian ini akan dibahas apakah perubahan kondisi pondasi juga akan berdampak pada pengurangan umur pelayanan jalan, yang nantinya jalan tersebut akan mengalami kerusakan. Disini akan dicoba dengan simulasi variasi nilai CBR lapis pondasi atas 95% (CBR asli), 93% (Pengurangan 2,1% dari CBR asli), 90% (Penguranagn 5,26% dari CBR asli) sedangakan untuk lapis pondasi bawah menggunakan variasi 67,5% (CBR asli), 50% (Pengurangan 25% dari CBR asli) dan 35% (Pengurangan 48,1% dari CBR asli). Dalam penelitian ini yang pertama adalah menentukan nilai variasi CBR LPA dan LPB seperti di atas, kemudian mencari data-data pendukung lain yang digunakan untuk menganalisis diantaranya data uji aspal, suhu rata-rata tahunan dan data-data lain seperti LHR. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis untuk mencari nilai yang dibutuhkan sebagai input ke Program Bisar 3.0. Output dari Program Bisar 3.0 yaitu asphalt mix untuk kondisi fatigue (εt) dan deformasi (εz) yang dipakai untuk menghitung besarnya umur pelayanan jalan. Berdasarkan hasil perhitungan dengan CBR LPA 95% (CBR asli) dan LPB 67,5% (CBR asli) didapat umur pelayanan 0,64 tahun untuk kondisi fatigue dan 2,85 tahun untuk kondisi deformasi, untuk variasi CBR LPA 93% (Pengurangan 2,1% dari CBR asli) dan LPB 50% (Pengurangan 25% dari CBR asli) didapat 0,63 tahun untuk kondisi fatigue dan 2,82 tahun untuk kondisi deformasi, CBR LPA 90% (Penguranagn 5,26% dari CBR asli) dan LPB 35% (Pengurangan 48,1% dari CBR asli) adalah 0,58 untuk kondisi fatigue dan 2,71 tahun untuk kondisi deformasi. Dengan penguranagan CBR 2,1%-5,26% dari CBR asli pada LPA dan 25%-48,1% dari CBR asli pada LPB, nilai umur pelayanan hanya berubah 0,02- 0,06 tahun untuk kondisi fatigue, sedangkan untuk kondisi deformasi 0,03-0,14 tahun. Dapat disimpulkan bahwa perubahan kondisi pondasi material berbutir tidak begitu berpengaruh pada umur pelayanan jalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analitis, Material Berbutir, Umur Pelayanan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 19 Sep 2012 11:59
Last Modified: 19 Sep 2012 12:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20106

Actions (login required)

View Item View Item