Peran Bagian Bahasa Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Santriwati Pondok Pesantren Islam Ar-Rohmah Kedunggalar Ngawi Tahun Pelajaran 2011/2012

Jannah, Luthfia Aulia Miftahul (2012) Peran Bagian Bahasa Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Santriwati Pondok Pesantren Islam Ar-Rohmah Kedunggalar Ngawi Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an dan Al-Hadits yang sangat penting untuk dipelajari terutama bagi umat Islam. Selain itu, bahasa Arab juga merupakan bahasa ilmu pengetahuan, baik ilmu keagamaan maupun ilmu-ilmu yang lain. Bahasa Arab sebagai bahasa agama mempunyai pengertian bahwa pemahaman terhadap ajaran-ajaran agama secara benar merupakan suatu keharusan bagi umat Islam. Maka tidaklah mungkin bagi seorang muslim untuk dapat memahami ajaran Islam secara benar selama ia tidak memiliki pengetahuan di bidang bahasa Arab, sedangkan ajaran Islam yang terkandung di dalam Al- Qur’an dan Al-Hadits yang menggunakan bahasa Arab. Oleh karena itu, bahasa Arab menjadi sangat penting untuk dipelajari umat Islam. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah peran dari Bagian Bahasa dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab santriwati melalui tata tertib dan kegiatan yang dilaksanakan secara non formal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Bagian Bahasa dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab santriwati Pondok Pesantren Islam Ar-Rohmah Kedunggalar Ngawi. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah memberikan kontribusi berupa penyajian informasi ilmiah tentang upaya peningkatan kualitas bahasa Arab di Lembaga Pendidikan serta untuk memberikan informasi tentang bagaimana peran Bagian Bahasa dalam meningkatkan kualitas kemampuan bahasa Arab santriwati di Pondok Pesantren Islam Ar-Rohmah Kedunggalar Ngawi, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan rujukan untuk melakukan perbaikan program kerja Bagian Bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, dokumentasi, wawancara. Sedangkan metode analisa data yang digunakan dengan metode deskriptif kualitatif dengan cara berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) Kegiatan pembelajaran bahasa Arab dari Bagian Bahasa meliputi: faktor tujuan, faktor materi ajar, faktor guru / pengajar, faktor siswa, faktor metode, faktor kegiatan pembelajaran, faktor evaluasi, dan faktor lingkungan; (2) Peran dan cara Bagian Bahasa dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab santriwati, meliputi: mengadakan kegiatan yang bersifat non formal, melakukan pengawasan atau controlling, menerapkan kedisiplinan melalui tata tertib dan sanksi yang bersifat mendidik, dan melakukan koordinasi berbagai pihak; (3) Problematika yang dihadapi oleh Bagian Bahasa meliputi: fasilitas modern yang kurang memadai sebagai sarana dalam meningkatkan kualitas kemampuan bahasa Arab santriwati, kurangnya sumber daya manusia yang menjadi pengajar dan pembimbing dalam kegiatan bahasa Arab, sebagian santriwati tidak memiliki latar belakang mengenal bahasa Arab pada pendidikan sebelumnya, dan kurangnya tingkat kesadaran dan minat santriwati dalam mempelajari bahasa Arab.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2012 11:27
Last Modified: 19 Sep 2012 12:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20099

Actions (login required)

View Item View Item