Analisa Kerusakan Jalan Dengan Metode Pci Dan Alternatif Penyelesaiannya (Studi Kasus Ruas Jalan Purwodadi – Solo Km 12+000 – Km 24+000)

Budiyono, Mohammad (2012) Analisa Kerusakan Jalan Dengan Metode Pci Dan Alternatif Penyelesaiannya (Studi Kasus Ruas Jalan Purwodadi – Solo Km 12+000 – Km 24+000). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (190kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (787kB)

Abstract

Ruas jalan Purwodadi - Solo merupakan salah satu jalan penghubung kota Purwodadi dengan kota Solo yang menggunakan perkerasan lentur (flexible Pavement). Berbagai kendaraan berat dan ringan melewati ruas jalan tersebut sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan yang terjadi, mencari besarnya nilai kondisi perkerasan, menetapkan penanganan kerusakan jalan. Penelitian terhadap kondisi permukaan jalan tersebut yaitu dengan melakukan survei secara visual dengan cara melihat dan menganalisis kerusakan tersebut berdasarkan jenis, tingkat kerusakaannya serta kuantitas kerusakan untuk digunakan sebagai dasar dalam melakukan kegiatan pemeliharaan dan perbaikan. Cara menganalisanya dengan membagi ruas jalan dalam sampel seluas ±500 m2 , menghitung densitas, mencari deduct value pada grafik lalu menghitung Pavement Conditional Index (PCI) yang bersumber pada Manual Pemeliharaan Rutin Untuk Jalan Nasional Dan jalan Provinsi,Metode Perbaikan Standart Badan Penerbit Direktorat Jenderal Bina Marga,Departemen Pekerjaan Umum,Jakarta. Sedangkan penanganan kerusakan bersumber pada Bina Marga dengan menggunakan metode P1(penebaran pasir), P2(laburan aspal), P3(pelapisan retakan), P4(pengisian retakan), P5(penambalan lubang), P6(perataan). Berdasarkan uraian dan pembahasan pada pengamatan visual sebagai dasar evaluasi pada penanganan kerusakan jalan Purwodadi-Solo KM 12+000 – KM 24+000 jenis kerusakan yang terjadi adalah retak kulit buaya, keriting, amblas, alur, sungkur, dan retak selip dengan kerusakan dominan adalah kerusakan tergerus dengan luas 216,943 m2 sedang nilai PCI diperoleh sebesar 70,791 berarti termasuk pada kondisi baik (good), maka penanganan kerusakan diutamakan pada segmen jalan yang mempunyai PCI paling rendah dahulu, yaitu pada segmen 13, 5, 19. Dengan melihat kondisi pada ruas jalan tersebut, maka pemeliharaan jalan perlu ditingkatkan agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik terhadap pemakai jalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisa, Kerusakan Jalan, Metode PCI
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 19 Sep 2012 10:56
Last Modified: 19 Sep 2012 13:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20089

Actions (login required)

View Item View Item