Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Demonstrasi Pada Kelompok A Di Tk Batik Magersari Mojo Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/ 2013

MARDIYANINGSIH, NOFITA (2012) Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Demonstrasi Pada Kelompok A Di Tk Batik Magersari Mojo Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal. Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (524kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (318kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian anak kelas A melalui melalui metode demonstrasi di TK Batik tahun pelajaran 2012/ 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berjumlah 10 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi yaitu dengan lembar observasi penerapan metode demonstrasi dan berdokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemandirian anak kelompok A TK Batik tahun pelajaran 2012/ 2013 sebelum penelitian tindakan kelas yaitu sebesar 43,41 % dan setelah dilakukan tindakan yang disepakati dengan menggunakan metode demonstrasi pada proses pembelajaran anak diperoleh hasil yaitu siklus I menjadi 54,36% dan siklus II meningkat menjadi 85,94 %. Hasil penelitian ini sudah memeuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan ”diduga dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemandirian anak kelompok A TK Batik tahun pelajaran 2012/ 2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode demonstrasi, kemandirian anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 19 Sep 2012 10:29
Last Modified: 19 Sep 2012 10:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20083

Actions (login required)

View Item View Item