Strategi Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an Di Markaz Tahfizh Al-Qur’an Al-Manar Pabelan Kartasura Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/ 2012

ASNIYATI , SITI (2012) Strategi Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an Di Markaz Tahfizh Al-Qur’an Al-Manar Pabelan Kartasura Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
Hal_depan.pdf

Download (417kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
Dapus.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)

Abstract

Hafal Al-Qur‟an di luar kepala merupakan usaha yang paling efektif dalam menjaga kemurnian Al-Qur‟an yang agung. Dengan demikian Al-Qur‟an tersimpan di dada para penghafalnya. Menghafal Al-Qur‟an merupakan karunia Allah yang sangat besar. Faktanya tidak semua orang yang memiliki niat untuk menghafalkan Al-Qur‟an mampu merealisasikan niatnya, juga tidak semua orang yang menghafal bisa tuntas sampai 30 juz, dan tidak semua orang yang hafal 30 juz mampu membaca “bil ghaib” dengan lancar dan baik. Demikian juga, tidak semua penghafal Al-Qur‟an (hafizh) diberikan karunia untuk menjadikan hafalannya sebagai dzikir yang selalu dilantunkannya secara istiqamah sampai akhir hayatnya. Strategi pembelajaran adalah suatu perencanaan pembelajaran yang dirancang agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Penggunaan suatu strategi pembelajaran akan membantu kelancaran, efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan. Strategi pembelajaran yang dirancang dengan berpijak pada tujuan pembelajaran, akan membantu calon huffazh untuk menyelesaikan hafalan Al-Qur‟an sesuai target yang diharapkan. Penelitian dalam skripsi ini membahas masalah bagaimana strategi pembelajaran tahfizh Al-Qur‟an yang diterapkan di Markaz Tahfizh Al-Qur‟an Al-Manar Pabelan Kartasura Sukoharjo tahun pelajaran 2011/ 2012 dan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambatnya, sehingga bisa menjadi masukan bagi lembaga tahfizh yang ada dalam mengembangkan strategi pembelajaran tahfizh Al-Qur‟an, agar pembelajaran tahfizh Al-Qur‟an menjadi lebih baik di masa mendatang. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptif kualitatif Pengumpulkan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan interview. Sedangkan analisisnya, peneliti menggunakan metode analisis kategori dengan memperhatikan tahapan yang dikemukakan Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan model interaktif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran tahfizh Al-Qur‟an di Markaz Tahfizh Al-Qur‟an Al-Manar Pabelan Kartasura Sukoharjo tahun pelajaran 2011/ 2012 terdiri dari tilawah, ziyadah, muraja‟ah, tasmi dan durus idhafiyah serta lebih menekankan pada banyaknya tilawah dan banyaknya muraja‟ah. Faktor pendukungnya meliputi: kondisi fisik sehat dan bugar, panca indera berperan baik, kecerdasan tinggi, motivasi dari diri sendiri, minat tinggi, banyak tilawah dan muraja‟ah, kemampuan menghafal cepat, ada pembimbing dan teman menghafal, lingkungan bernuansa tahfizh, udara segar, suasana tenang, tempat cocok, kurikulum jelas. Faktor penghambatnya meliputi: kondisi fisik tidak sehat dan bugar, panca indera tidak berperan baik, kecerdasan rendah, motivasi dari orang lain, minat rendah, tidak disiplin, kemampuan menghafal lemah, tidak ada teman menghafal, lingkungan tidak bernuansa tahfizh, udara panas, suasana bising, dan ada halaman yang sulit dihafal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Tahfizh Al-Qur‟an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2012 10:55
Last Modified: 19 Sep 2012 13:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20082

Actions (login required)

View Item View Item