Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Pati Tahun 1982-2007

Arisandhe, Yugaro May (2012) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Pati Tahun 1982-2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Pati Tahun 1982-2007 ”. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh produk domestik regional bruto, jumlah penduduk, penerimaan pemerintah dan pengeluaran pemerintah terhadap pendapatan asli daerah. Alat analisis yang digunakan adalah menggunakan metode Partial Adjustment Model (PAM). Langkah-langkah analisis data dimulai dari analisis PAM, uji asumsi klasik, uji kebaikan model dan uji validitas pengaruh. Dari hasil Uji normalitas menunjukkan distribusi Ut tidak normal, dan uji spesifikasi model dengan uji ramsey reset menunjukkan model yang digunakan linier. Sedangkan dalam uji asumsi klasik ditemukan masalah otokorelasi, namun dalam uji heteroskedastisitas tidak terdapat masalah dan model yang digunakan linier. Dari hasil uji t diketahui bahwa dalam regresi jangka pendek variabel produk domestik regional bruto, penerimaan pemerintah dan pendapatan asli daerah tahun sebelumnya berpengaruh positif terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Pati pada taraf α = 5%. Dalam regresi jangka panjang variabel jumlah penduduk dan variabel pengeluaran pemerintah berpengaruh positif terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Pati pada taraf α = 10%. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa variabel produk domestik regional bruto, jumlah penduduk, penerimaan pemerintah, pengeluaran pemerintah dan pendapatan asli daerah dalam model penelitian cukup eksis digunakan. Nilai R2 adalah 0,979030 jadi koefisien determinasi menunjukkan bahwa 97,9% variasi dari variabel pendapatan asli daerah di Kabupaten Pati dijelaskan oleh variasi variabel independen. Sedangkan sisanya yaitu 2,1% dijelaskan oleh variasi dari variabel-variabel bebas lain diluar model yang diestimasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: produk domestik regional bruto, jumlah penduduk, penerimaan pemerintah, pengeluaran pemerintah, pendapatan asli daerah dan PAM.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Sep 2012 10:07
Last Modified: 19 Sep 2012 10:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20078

Actions (login required)

View Item View Item