Pengaruh Informasi Akuntansi, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Dan Sistem Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial (Survey pada Jajaran Pimpinan Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Wasito , Endi (2012) Pengaruh Informasi Akuntansi, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Dan Sistem Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial (Survey pada Jajaran Pimpinan Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (273kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (292kB)

Abstract

Persaingan bisnis yang meningkat dewasa ini menuntut perusahaan untuk memanfaatkan kemampuan yang ada semaksimal mungkin agar unggul dalam persaingan. Manajemen perlu memiliki kemampuan untuk melihat dan menggunakan peluang, mengidentifikasi masalah dan menyeleksi serta mengimplementasikan proses adaptasi dengan tepat. Penggunaan teknologi informasi akuntansi diharapkan dapat memberi manfaat yang besar terhadap dunia bisnis yang sangat kompetitif tersebut. Pengembangan sistem informasi akuntansi manajemen merupakan salah satu bentuk aktivitas pendukung yang memiliki peran penting. Sistem tersebut menyediakan manajemen untuk mengelola sumber daya fisik suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh informasi akuntansi, pemanfaatan teknologi informasi, sistem akuntansi manajemen terhadap Kinerja Manajerial. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pimpinan yang ada pada Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang terdiri dari Dekan, dan Wakil Dekan. Dasar pengambilan sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 sampel yang merupakan para impinan yang ada pada Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang terdiri dari Dekan, dan Wakil Dekan. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh variabel Informasi Akuntansi, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Sistem Akuntansi Manajemen adalah positif terhadap kinerja Manajerial. Hal ini menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut mampu meningkatkan kinerja Manajerial. Hasil uji F sebesar 11,919 dengan nilai signifikansi 0,000 menunjukkan bahwa Informasi Akuntansi, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Sistem Akuntansi Manajemen secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependennya yaitu kinerja Manajerial, Hasil Uji t menyimpulkan Informasi Akuntansi, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan terbukti berpengaruh terhadap variabel kinerja Manajerial (Y). Sedangkan variabel Sistem Akuntansi Manajemen terbukti tidak berpengaruh terhadap variabel kinerja Manajerial .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengaruh informasi akuntansi, pemanfaatan teknologi informasi, sistem akuntansi manajemen, kinerja managerial
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 19 Sep 2012 08:47
Last Modified: 25 Sep 2018 03:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20074

Actions (login required)

View Item View Item