Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Strategi Ctl Dengan Media Benda Konkrit Pada Siswa Kelas III SD Negeri I Simo, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

Alfiyanti, Ngatmi (2012) Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Strategi Ctl Dengan Media Benda Konkrit Pada Siswa Kelas III SD Negeri I Simo, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (588kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Bab V)
DAFTAR_PUSAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (369kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk (1) meningkatkan minat belajar matematika melalui Metode CTL dan media benda Konkrit pada siswa kelas III SD Negeri 1 Simo Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010. (2) Mendiskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan Pendekatan Metode CTL dan media benda Konkrit (3) Memaparkan bagaimana cara mengatasi kendala penerapan Metode CTL dan media benda Konkrit untuk meningkatkan minatbelajar matematika SD Negeri I Simo. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri I Simo. Tehnik pengumpulan data menggunakan, observasi, dan tes. Tehnik analisis data menggunakan tehnik deskriptif interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan minat belajar matematika kelas III SD Negeri I Simo, yaitu ditandai dengan: Siswa kelas III sebanyak 42 anak mengalami peningkatan hasil belajar yaitu sebelum tindakan hanya 20 % siswa yang minatnya diatas 60% setelah tindakan menjadi 100%. (2) Terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam penerapan Pendekatan Kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar matematika antara lain guru kurang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, aktivitas siswa kurang, dan masih kurangnya minat belajar siswa kelas III SDN I Simo. Cara mengatasi kendala penerapan Pendekatan Kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2012/2013adalah guru harus terampil dalam menerapkan pendekatan kontekstual diantaranya : (1) mengkaji konsep dan kompetensi dasar yang akan dipelajari oleh siswa, (2) memahami latar belakang dan pengalaman hidup siswa melalui proses pengkajian secara seksama, (3) mengaitkannya lingkungan sekolah dan siswa dengan konsep dan kompetensi yang akan dibahas, (4) merancang pengajaran dengan mengaitkan konsep yang dipelajari dengan pengalaman yang dimiliki siswa dikehidupan mereka, (5) pengajaran dengan mendorong siswa mengaitkan apa yang sedang dipelajari dengan pengetahuan yang telah dimiliki di kehidupan sehari-hari, (6) mengembangkan media pelajaran yang konkrit dan dekat dengan kehidupan sehari hari dan menggunakannya sebagai bahan permainan di kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, CTL, benda konkrit, media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Sep 2012 06:01
Last Modified: 19 Sep 2012 06:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20069

Actions (login required)

View Item View Item