Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Kualitas Good Corporate Governance Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Go Publik Yang Terdaftar Di BEI)

Setyani, Diah Ayu (2012) Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Kualitas Good Corporate Governance Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Go Publik Yang Terdaftar Di BEI). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (539kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (283kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris sejauh mana kesempatan investasi, konsentrasi kepemilikan, leverage, ukuran perusahaan, auditor eksternal, dan komposisi aktiva dapat mempengaruhi perusahaan dalam kualitas good corporate governance. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang ikut dalam pemeringkatan Corporate Governance Perception Index (CGPI) tahun 2007-2010 sedangkan sampel diperoleh dari perusahaan go publik yang masuk dalam pemeringkatan CGPI dan menerbitkan laporan keuangannya pada saat masuk dalam pemeringkatan CGPI yang dipublikasikan oleh Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Data diperoleh dari laporan keuangan melalui ICMD. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda yang meliputi uji determinasi (R2), uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai adjusted R2 sebesar 3,30%. Hal ini berarti dapat diuraikan bahwa kesempatan investasi, konsentrasi kepemilikan, leverage, ukuran perusahaan, auditor eksternal, dan komposisi aktiva berpengaruh terhadap kualitas good corporate governance sebesar 3,30%, sedangkan sisanya sebesar 96,70% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model regresi pada taraf signifikan 5%. Hasil uji F menunjukkan bahwa kesempatan investasi, konsentrasi kepemilikan, leverage, ukuran perusahaan, auditor eksternal, dan komposisi aktiva secara simultan berpengaruh terhadap kualitas good corporate governance dengan nilai F hitung sebesar 17,295 diterima pada taraf signifikan 5%. Hasil uji hipotesis (uji t) menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan kesempatan investasi berpengaruh signifikan terhadap kualitas good corporate governance pada taraf signifikan 5%, sedangkan konsentrasi kepemilikan, leverage, auditor eksternal, dan komposisi aktiva tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas good corporate governance.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesempatan investasi, konsentrasi kepemilikan, leverage, ukuran perusahaan, auditor eksternal, komposisi aktiva, dan kualitas good corporate governance
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2012 11:33
Last Modified: 18 Sep 2012 12:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20055

Actions (login required)

View Item View Item