Penerapan Metode Picture And Picture Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Sidomulyo Ampel Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

Wigatiningsih, Wigatiningsih (2012) Penerapan Metode Picture And Picture Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Sidomulyo Ampel Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (361kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (208kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (236kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran IPA dengan metode Picture and Picture di kelas IV SDN 03 Sidomulyo Ampel tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan selama selama 4 bulan, yakni pada Mei s.d Agustus 2012 di kelas IV SDN 03 Sidomulyo Ampel tahun pelajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi. Alat pengumpulan data meliputi butir pedoman observasi untuk guru, siswa, situasi kelas dan minat siswa. Hasil penelitian adalah penerapan metode Picture and Picture dapat meningkatkan minat belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Sidomulyo Ampel tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini ditandai dengan meningkatnya minat siswa dalam pembelajaran, yakni dari 45,48 (kategori kurang) pada pra siklus; menjadi 67,99 (berkategori baik) pada siklus I; dan 81,18 (berkategori baik) pada siklus II. Dari hasil ini, penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi guru yang ingin menerapkan metode pembelajaran aktif khususnya bagi guru mata pelajaran IPA agar dapat menjadikan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan menarik minat siswa untuk belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Picture and Picture, Minat Belajar, IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Sep 2012 11:27
Last Modified: 18 Sep 2012 11:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20049

Actions (login required)

View Item View Item