Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Media Gambar Digital Dalam Perangkat Teknologi Informasi (TI) Pada Siswa Kelas IV SDN Jlarem Ampel Boyolali Semester 1 Pada Mata Pelajaran IPA Tahun Pelajaran 2012/2013

Margono, Margono (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Media Gambar Digital Dalam Perangkat Teknologi Informasi (TI) Pada Siswa Kelas IV SDN Jlarem Ampel Boyolali Semester 1 Pada Mata Pelajaran IPA Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (359kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (392kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media gambar digital dalam perangkat TI dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian dilaksanakan pada semester Gasal tahun pelajaran 2012/2013 selama 4 bulan, yakni mulai bulan Mei-Agustus 2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan alat pengumpulan data meliputi butir soal tes. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media gambar digital dalam perangkat TI dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini ditandai dengan: (1) Ratarata hasil belajar siswa pada pra siklus = 65; rata-rata pada siklus I = 68,61; dan rata-rata pada siklus II = 76,7. Hal ini berarti ada kenaikan rata-rata nilai tes sebesar 11,7 poin. (2) Prosentase ketuntasan belajar prasiklus sebesar 44%, pada siklus I sebesar 61,1 %, dan pada siklus II sebesar 100%. Perolehan hasil belajar ini menunjukkan terdapat kenaikan prosentase ketuntasan hasil belajar 56 %. Dari hasil ini, maka penerapan media gambar digital dalam perang TI dapat dijadikan suatu pertimbangan bagi guru dalam kegiatan pembelajaran IPA yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar, sehingga hasil belajar meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media, Gambar Digital, Perangkat Teknologi Informasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Sep 2012 08:39
Last Modified: 18 Sep 2012 08:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20032

Actions (login required)

View Item View Item