Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Bagi Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Sambon Banyudono Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

Wijiyanto, Wijiyanto (2012) Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Bagi Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Sambon Banyudono Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (495kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (304kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah: Apakah penggunaan Metode Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas III SD Muhammadiyah Sambon Banyudono Boyolali. Tujuan penelitian metode Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas III SD Muhammadiyah Sambon Banyudono Boyolali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan pada pelaksanaan pembelajaran siklus I, 14 siswa atau 70 % siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal dari jumlah 20 siswa, dan sisanya sebanyak 6 atau 30 % siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Nilai rata-rata pada siklus I, sebesar 65 dari jumlah 14 siswa yang sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal atau baru 70 % yang sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada pelaksanaan pembelajaran siklus II, 20 siswa atau 100% siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal dari jumlah 20 siswa, dan sisanya sebanyak 0 siswa atau 0% siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Nilai rata-rata pada siklus II sebesar 70. Pembelajaran menggunakan Metode Quantum Teaching sebagai alat pembelajaran terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan ini karena dalam pembelajaran siswa merasa senang dan selalu terlibat aktif dalam proses pembelajaran karena dilengkapi dengan penjelasan guru sehingga siswa lebih mudah dalam menerima pelajaran dengan baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Quantum Teaching.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Sep 2012 08:33
Last Modified: 18 Sep 2012 08:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20031

Actions (login required)

View Item View Item