Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia

Utomo , Mansyur Prihadi (2012) Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_hal._depan.pdf

Download (441kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_bab_satu.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
02_bab_dua.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab III)
03_bab_tiga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_bab_empat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab V)
05_bab_lima.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (331kB)

Abstract

Kebjakan hutang tentunya dikeluarkan oleh manajemen setelah melalui mekanisme pengambilan keputusan yang sesuai dengan strukturnya. Melalui pertimbangan berbagai aspek termasuk pemegang saham dan kinerja laba. Penelitian ini bermaksud untuk memperoleh bukti empiris tentang struktur kepemilikan ekuitas (insider ownership dan institusional ownership) terhadap kebijakan utang perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini termasuk penelitian statistical study dengan menggunakan metode explanatory research yang menjelaskan hubungan antara variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesis. Data empiris diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dalam penelitian adalah seluruh perusahaan manufaktur yang go public di BEI. Sampel yang diambil adalah 27 perusahaan pada periode tahun 2007-2010. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan beberapa kriteria. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi serta disertai dengan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepemilikan saham manajer (insider ownership) berpengaruh negatif terhadap kebijakan hutang perusahaan. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar -2,376 diterima pada taraf signifikansi 5% dan H1 diterima. Artinya semakin besar kepemilikan saham manajemen, maka semakin rendah kecenderungan perusahaan untuk berhutang karena adanya imbas resiko terhadap manajemen; (2) Kepemilikan saham institusional (institusional ownership) berpengaruh negatif terhadap kebijakan hutang perusahaan. Hasil regresi memperoleh nilai thitung sebesar -2,370 diterima pada taraf signifikansi 5% dan H2 diterima. Artinya semakin besar kepemilikan saham institusional akan semakin mengurangi kebijakan perusahaan dalam berhutang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: insider ownership, institusional ownership, kebijakan hutang
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 18 Sep 2012 08:50
Last Modified: 18 Sep 2012 08:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20030

Actions (login required)

View Item View Item