Pemanfaatan Forum Off-Line Oleh Komunitas On-Line (Studi Kualitatif Komunitas Pengusaha Muda Jogja Kaskus Regional Yogyakarta)

Widyastuti, Prita (2012) Pemanfaatan Forum Off-Line Oleh Komunitas On-Line (Studi Kualitatif Komunitas Pengusaha Muda Jogja Kaskus Regional Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (672kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (325kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (290kB)

Abstract

Kaskus merupakan situs forum komunitas maya terbesar yang paling interaktif di Indonesia. Kaskus mempunyai berbagai efek dalam kehidupan. Disisi lain, kaskus dapat menambah pengetahuan dimana para Kaskuser (sebutan untuk pengguna Kaskus) mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Kaskus digunakan oleh para Kaskuser sebagai media untuk berdiskusi berbagai hal yang mereka inginkan untuk didiskusikan. Hal tersebut juga dimanfaatkan oleh para entrepreneur, dimana mereka dapat berbagi informasi tentang tempat usahanya dan mengiklankan produk mereka di Kaskus. Dengan adanya Kaskus, entrepreneur Yogyakarta membentuk komunitas Pengusaha Muda Jogja (PMJ). Seperti yang penulis ketahui media on-line mempunyai manfaat yang besar bagi komunitas Pengusaha Muda Jogja (PMJ). Meskipun begitu forum off-line juga pasti dimanfaatkan para anggota komunitas ini untuk mengenal secara pribadi antar anggota dan berbagi info serta ilmu dalam bidang usaha. PMJ mempunyai 2 (dua) media yang dapat mereka gunakan untuk menunjang peningkatan tujuan komersiil mereka sebagai pengusaha, dengan adanya alasan itu maka penulis akan meneliti tentang pemanfaatan forum off-line oleh komunitas on-line Pengusaha Muda Jogja (PMJ) Kaskus RY. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan berdasarkan observasi partisipatif, Focus Group Discussion (FGD) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak sekali manfaat dari forum off-line oleh komunitas PMJ. Pemanfaatan tersebut terbagi menjadi 3(tiga) lingkup, yaitu kopi darat, sharing, dan komersil. Pertama, kopi darat dimanfaatkan anggota PMJ sebagai wadah atau tempat untuk berkumpul bersama sesama pengusaha. Mereka dapat sharing pengalaman usaha antar anggota PMJ, mendapat rekan bisnis, dan menambah link atau jaringan. Sehingga terjalin kerjasama yang saling menguntungkan. Anggota dapat meningkatkan konsumen dan keuntungan, dan menganggap kopi darat lebih nyaman untuk dilakukan. Selain itu kopi darat juga dapat menambah kesibukan dan sebagai sarana hiburan. Kedua, manfaat sharing adalah untuk dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan oleh para anggotanya dan memberi motivasi kepada para anggota untuk menjadi pengusaha yang sukses. Ketiga, komersil mempunyai manfaat yaitu pada jual beli forum off-line dianggap lebih aman dan mantab. Dapat meningkatkan keuntungan dan meningkatkan kepercayaan konsumen maupun dengan sesama anggota dalam hal kerjasama. Selain itu juga dapat menambah konsumen dan menaikkan penjualan usaha mereka.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunitas Off-line, Komunikasi Kelompok, PMJ (Pengusaha Muda Jogja)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2012 04:32
Last Modified: 18 Sep 2012 14:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20002

Actions (login required)

View Item View Item