Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Siswa Kelas V Sdn I Manggung Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

Hastuti, Sulistiyani Dwi (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Siswa Kelas V Sdn I Manggung Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (490kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (366kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa karena metode yang diterapkan guru masih konvensional, kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran membaca serta rendahnya minat baca siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah metode Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN I Manggung Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui metode Cooperative Integrated Reading and Composition pada siswa kelas V SDN I Manggung Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rancangan penelitian tindakan menggunakan model siklus yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Manggung Ngemplak Boyolali yang berjumlah 23 siswa.Tehnik Pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara, dan tes.Validitas data menggunakan triangulasi. Tehnik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa melalui metode CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu dari nilai rata-rata 49 pada kondisi awal, meningkat menjadi 69 pada Siklus I, dan meningkat lagi menjadi 73 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN 1 Manggung Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Integrated Reading and Composition, Kemampuan Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Sep 2012 11:41
Last Modified: 17 Sep 2012 11:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19998

Actions (login required)

View Item View Item