Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Dengung Lebah Di Tk Pertiwi I Gagaksipat Boyolali Tahun Pelajaran 2011/ 2012

SUGIYEM, SUGIYEM (2012) Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Dengung Lebah Di Tk Pertiwi I Gagaksipat Boyolali Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (697kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak didik kelompok B2 TK Pertiwi I Gagaksipat Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali dengan menggunakan Permainan Dengung Lebah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus dengan lima kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B2 TK Pertiwi I Gagaksipat Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 20 anak terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan.Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi. Sedangkan Validitas data yang digunakan adalah triangulasi dan analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil tindakan siklus I, siklus II, dan siklus III yang telah dilaksanakan selama penelitian, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung permulaan pada anak didik kelompok B2 TK Pertiwi I Gagaksipat Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan perkembangan kemampuan berhitung permulaan dari sejumlah anak didik yang pada kondisi awal hanya 1 anak didik yang mempunyai perkembangan yang baik dalam kemampuan berhitung permulaan, pada siklus I ada 6 anak, siklus II ada 8 anak, dan siklus III menjadi 17 anak yang kemampuan berhitung permulaannya berkembang dengan baik. Prosentase rata-rata kemampuan berhitung permulaan anak juga mengalami peningkatan. Pada kondisi awal prosentase rata-rata kemampuan berhitung permulaan anak adalah sebesar 41,3%, siklus I sebesar 66,8%, siklus II sebesar 73,3%, dan pada siklus III meningkat menjadi 84%. Dengan demikian, penggunaan permainan dengung lebah dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak didik kelompok B2 TK Pertiwi I Gagaksipat Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung Permulaan, Permainan Dengung Lebah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 17 Sep 2012 11:03
Last Modified: 17 Sep 2012 11:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19990

Actions (login required)

View Item View Item