Peran Struktur Modal Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Empiris Pada Conventional Index LQ 45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Putra, Tommi Sugiyarno (2012) Peran Struktur Modal Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Empiris Pada Conventional Index LQ 45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._Halaman_Depan.pdf

Download (949kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4,_Bab_I.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Bab II)
5._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab III)
6._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab V)
8._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._Daftar_Pustaka.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (462kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran struktur modal terhadap profitabilitas perusahaan. Dalam penelitian ini metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling untuk mendapatkan sampel yang representatif sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Jumlah sampel yang didapat adalah 17 perusahaan yang terdaftar pada conventional index LQ 45 di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode penelitian tahun 2006-2010. Variabel yang diuji dalam penelitian ini adalah rasio antara utang jangka pendek dengan ekuitas (SDE), rasio antara utang jangka panjang dengan ekuitas (LDE), rasio antara total utang dengan ekuitas (TDE), ukuran perusahaan (SIZE), pertumbuhan penjualan (SG), profitabilitas (ROE). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan model regresi berganda. Hasil pengujian secara parsial model 1 menunjukkan bahwa rasio utang jangka pendek tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Uji parsial model 2 menunjukkan rasio utang jangka panjang berpengaruh terhadap profitabilitas. Uji parsial model 3 menunjukan bahwa rasio total utang tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Uji parsial model 1, 2, dan 3 menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh terhadap profitabilitas dan pertumbuhan penjualan berpengaruh terhadap profitabilitas. Hasil analisis regresi model 1, 2, dan 3 masing-masing diperoleh nilai Adjusted R2 sebesar 17,6%, 32,5%, dan 19,6% sehingga nilai tersebut merupakan persentase pengaruh hubungan antar variabel dan sisanya masing-masing model yaitu 82,4%, 67,5%, dan 80,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel yang diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SDE, LDE, TDE, SIZE, Sales Growth (SG), Return On Equity (ROE)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2012 10:53
Last Modified: 17 Sep 2012 10:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19989

Actions (login required)

View Item View Item