Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Kartu Huruf Di Kelompok B TK Cempaka Kebon Gulo Musuk Tahun Ajaran 2012/2013

Muslitaryanti, Muslitaryanti (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Kartu Huruf Di Kelompok B TK Cempaka Kebon Gulo Musuk Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (515kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (320kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca. Permulaan pada anak kelompok B TK Cempaka Kebon Gulo, Musuk yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Observasi dipergunakan untuk mengumpulkan tentang perkembangan kemampuan membaca anak, catatan lapangan digunakan untuk mencatat kejadian yang terjadi diluar perencanaan, dokumentasi digunakan untuk melihat keaktifan anak saat pembelajaran membaca. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan membaca anak kelompok B TK Cempaka Kebon Gulo Tahun 2012/2013 sebelum dilaksanakan penelitian Tindakan kelas yaitu anak yang mampu membaca hanya 40,11%. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati dengan menggunakan permainan kartu huruf pada proses pembelajaran membaca diperoleh hasil yaitu Siklus I mencapai 56,38%, Siklus II meningkat menjadi 75,65%. Hasil penelitian ini sudah mencapai indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Dengan menggunakan permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Cempaka Kebon Gulo Tahun 2012/2013

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kartu Huruf, Kemampuan Membaca Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 17 Sep 2012 09:22
Last Modified: 17 Sep 2012 09:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19983

Actions (login required)

View Item View Item