Peran Produk Pembiayaan Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Pada BMT Nurul Barokah Sambi, Boyolali (Studi Kasus BMT Nurul Barokah Sambi, Boyolali)

Ardista, Nisro’ah Roseliani (2012) Peran Produk Pembiayaan Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Pada BMT Nurul Barokah Sambi, Boyolali (Studi Kasus BMT Nurul Barokah Sambi, Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (376kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (82kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran bagaimana peran produk pembiayaan terhadap kesejahteraan masyarakat dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala pada BMT Nurul Barokah Sambi. Sesuai dengan tujuan penelitian yang menggunakan metode kualitatif teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, observasi dan studi pustaka. Teknik analisis data kualitatif menggunakan komparasi konstan dengan mengumpulkan data untuk menyusun serta berkonsentrasi pada diskripsi yang rinci dan menghasilkan pernyataan teori secara umum. Untuk validitas data menggunakan triangulasi metodologi yaitu penggunaan metode ganda untuk mengkaji suatu masalah atau progam tunggal seperti wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian yaitu: 1) BMT berperan positif terhadap kesejahteraan masyarakat di berbagai sektor yaitu: a) sektor perdagangan, pembiayaan digunakan untuk tambahan modal usaha dan digunakan untuk pembelian kebutuhan dagang para nasabah. b) Sektor pertanian digunakan untuk membantu sebagian pembelian tanah, pembelian pupuk, bibit, serta pembelian obat tanaman. c) Sektor jasa digunakan untuk modal usaha jahit dan pembelian alat-alat jahit, adapun juga yang digunakan untuk modal usaha salon dan pembelian perlengkapan alat salon. d) Sektor peternakan digunakan untuk membeli pakan ternak, membeli ternak, serta vitamin dan obat ternak. e) Dalam bentuk simpanan yaitu simpanan sukarela, mudhorobah berjangka, Idul fitri, Idul qurban, pendidikan, aqiqoh. 2) Kendala yang dihadapi BMT yaitu sulit membujuk nasabah untuk tetap di BMT, adanya nasabah yang macet, terbatasnya sumber daya manusia, sulitnya melakukan survey pembiayaan. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu mengunjungi nasabah yang macet, memberikan informasi yang benar kepada nasabah, membuat nasabah tetap senang dengan BMT Nurul Barokah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BMT, Pembiayaan, Kendala, Upaya Mengatasi kendala
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 14 Sep 2012 06:57
Last Modified: 14 Sep 2012 06:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19954

Actions (login required)

View Item View Item