Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Hubungan Antara Partisipasi Dalam Penyusunan Anggaran Dan Kinerja Manajerial (Survey Pada Kantor Cabang Pt. Telkom Indonesia Di Surakarta)

Kusumawati , Anita Mei (2012) Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Hubungan Antara Partisipasi Dalam Penyusunan Anggaran Dan Kinerja Manajerial (Survey Pada Kantor Cabang Pt. Telkom Indonesia Di Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (471kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftyar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (337kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris dengan menggunakan data primer, mengenai pengaruh komitmen organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap hubungan antara partisipasi dalam penyusunan anggaran dan kinerja manajerial pada PT. Telkom Indonesia di Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pegawai di PT. Telkom Indonesia di Surakarta dengan jumlah 141 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Kriteria sampel yang digunakan adalah pegawai yang memiliki jabatan yaitu manajer area, asisten manajer area dan sub bagian keuangan PT. Telkom Indonesia di Surakarta dengan jumlah 34 orang. Kuesioner yang kembali dan diolah sebanyak 34 kuesioner. Metode pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Semua data yang diperoleh, diolah dengan program SPSS 17.0. Hasil penelitian ini dapat ditunjukan oleh hasil uji t yang menunjukan bahwa variable partisipasi anggaran berpengaruh secara statistik signifikan terhadap kinerja manajerial dengan nilai yang menunjukan thitung > ttabel (-2,665 > 2,024) dan tingkat signifikan sebesar 0,012 (p<0,05), sedangkan komitmen organisasi dan gaya kepemimpinan tidak mempengaruhi hubungan antara partisipasi anggaran dan kinerja manajerial ditunjukan oleh nilai t interaksi komitmen organisasi dan partisipasi anggaran sebesar thitung < ttabel (-1,597 < 2,024) dengan tingkat signifikan sebesar 0,121 (p>0,05), sedangkan nilai t interaksi gaya kepemimpinan dan partisipasi anggaran sebesar thitung < ttabel (1,020 < 2,024) dengan tingkat signifikan sebesar 0,316 (p>0,05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komitmen organisasi, gaya kepemimpinan, partisipasi dalam penyusunan anggaran, kinerja manajerial.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 13 Sep 2012 11:58
Last Modified: 13 Sep 2012 11:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19948

Actions (login required)

View Item View Item