Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2010

Pratiwi , Rizky Dyah (2012) Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (BAb II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (BAb III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (BAb IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Dafar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (481kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)

Abstract

Perusahaan yang mengungkapkan informasi pertanggungjawaban sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) memiliki citra positif di masyarakat umumnya, dan khususnya kalangan bisnis karena perusahaan selain memperhatikan kepentingan pemegang saham, juga kepentingan masyarakat dan lingkungan. Akibatnya, perusahaan akan mendapatkan respon positif dari masyarakat akan eksisitensi dan keberlanjutan usaha yang nantinya akan meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CSR terhadap kinerja perusahaan yang diukur dengan variabel Return On Asset dan Return On Equity pada laporan tahunan perusahaan manufaktur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey empiris dengan menggunakan data-data sekunder dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian menggunakan sampel sebanyak 36 perusahaan manufaktur pada periode tahun 2009-2010. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Data laporan keuangan diperoleh dari Indonesian Directory Exchange (IDX). Teknik analisis menggunakan analisis regresi ganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2) dan pengujian kualitas data berupa uji normalitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengungkapan CSR (3,922) berpengaruh positif terhadap kinerja ROE. Artinya jika perusahaan meningkatkan pengungkapan CSR, maka kinerja ROE akan meningkat. Lingkungan mempunyai dampak nyata terhadap strategi operasional, sedangkan peningkatan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk kepedulian perusahaan akan meningkatkan reputasi perusahaan, sedangkan dengan produk yang aman dan berkualitas akan menambah minat konsumen. Jika perusahaan memiliki reputasi yang baik maka masyarakat tidak akan ragu untuk bekerja sama atau membeli produknya; (2) Pengungkapan CSR (3,295) berpengaruh positif terhadap kinerja ROA. Artinya jika perusahaan meningkatkan pengungkapan CSR, maka kinerja ROA akan meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Return On Asset, Return On Equity
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 13 Sep 2012 11:43
Last Modified: 13 Sep 2012 11:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19946

Actions (login required)

View Item View Item