PENANGANAN ANAK DISGRAFIA DI TK NEGERI PEMBINA 1 SELOPURO KECAMATAN BATUWARNO KABUPATEN WONOGIRI

DEWI , RIANA PUSPITA (2012) PENANGANAN ANAK DISGRAFIA DI TK NEGERI PEMBINA 1 SELOPURO KECAMATAN BATUWARNO KABUPATEN WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (BAB IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (BAB V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (104kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil dari penanganan anak disgrafia di TK Negeri Pembina 1 Selopuro Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2011/2012. Subjek penelitian adalah dua anak yaitu Faruq dan Fransa. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Masing-masing pengumpulan data observasi hasilnya berupa kemampuan menulis anak, kemampuan perilaku anak, keadaan emosi, dan kemampuan akademis anak. Wawancara diperoleh dari wawancara orang tua dan guru. Dokumentasi hasilnya adalah berupa foto-foto dan video. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa disgrafia itu kurang efektif terhadap kerja otak yang menyebabkan kerja otot tangan kurang baik. Hal itu ditandai dengan kebingungan menentukan tangan yang mana yang akan digunakan untuk menulis huruf dan angka dan sulit memegang pensil atau alat tulis dan lain-lain. Oleh karena itu Penanganan Anak Disgrafia di TK Negeri Pembina 1 Selopuro Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2011/2012 membutuhkan pendekatan agar anak merasa aman dan nyaman dan dapat diatasi dengan cara terapi menulis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Disgrafia, Terapi menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 13 Sep 2012 10:31
Last Modified: 13 Sep 2013 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19939

Actions (login required)

View Item View Item