Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Jigsaw Pada Kelompok B Di Tk Pertiwi Iii Mojorejo Sawahan Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012

Devi, Exma Oskar Riana (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Jigsaw Pada Kelompok B Di Tk Pertiwi Iii Mojorejo Sawahan Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN )
03._Halaman_Depan.pdf

Download (280kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (BAB IV )
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] PDF (BAB V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA )
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (LAMPIRAN )
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02._Naskah_publikasi.pdf

Download (421kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan sosial anak TK Kelompok B di TK Pertiwi III Mojorejo Sawahan Boyolali melalui pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw. Subyek Penelitian berjumlah 20 anak yaitu jumlah anak laki-laki 13 anak dan perempuan 7 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang kemampuan sosial anak, wawancara dilakukan dengan guru kelas kelompok B untuk mengetahui metode apa yang digunakan dalam pembelajaran kemampuan sosial di TK Pertiwi III Mojorejo Sawahan, sedangkan dokumentasi digunakan untuk melihat keaktifan anak saat pembelajaran kemampuan sosial. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil perhitungan tiap siklus tentang kemampuan sosial anak melalui pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw diperoleh hasil pada prasiklus 41,94%, siklus I 60,83%, siklus II 83,05%. Dengan demikian upaya meningkatkan kemampuan sosial melalui pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw pada kelompok B di TK Pertiwi III Mojorejo Sawahan Boyolali tahun ajaran 2011/ 2012 dikatakan berhasil karena keberhasilan yang ditargetkan 75% ternyata pada siklus II sudah melebihi dari target yaitu 83,05%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sosial, Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2012 09:05
Last Modified: 13 Sep 2012 09:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19935

Actions (login required)

View Item View Item