Upaya Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Bermain Meronce Di Taman Kanak-Kanak Persiapan SD Papringan 02 Kelompok A Kabupaten Semarang

Andayaningsih, Lestari (2012) Upaya Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Bermain Meronce Di Taman Kanak-Kanak Persiapan SD Papringan 02 Kelompok A Kabupaten Semarang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (801kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKAN.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (555kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui bermain meronce pada anak usia 4-5 tahun kelompok A TK Persiapan SD Papringan 02 Kabupaten Semarang. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok A TK Persiapan SD Papringan 02. Adapun penelitian yang dilakukan penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang diamati adalah data tentang kecerdasan kinestetik anak dan pembelajaran bermain meronce. Metode pengumpulan data tentang kecerdasan kinestetik anak metode yang digunakan adalah metode observasi yang menggunakan lembar observasi. Data tentang pembelajaran meronce metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi dan catatan lapangan. Berdasarkan data penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa melalui bermain meronce kecerdasan kinestetik anak meningkat. Hal ini ditunjukkan dari adanya peningkatan rata- rata prosentase kecerdasan kinestetik anak dari sebelum tindakan sampai pada siklus III, yakni pasa saat sebelum tindakan 34%, Siklus I mencapai 49,67%, Siklus II mencapai 64%, dan Siklus III mencapai 82,5%. Dengan demikian hipotesa yang berbunyi ”Bremain meronce dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak di Taman Kanak- Kanak Persiapan SD Papringan 02 Kelompok A kabupaten Semarang” telah teruji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan kecerdasan kinestetik, meronce
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 13 Sep 2012 09:13
Last Modified: 13 Sep 2012 09:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19934

Actions (login required)

View Item View Item