Upaya Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Bercakap – Cakap Pada Kelompok B Di Ra Nurul Hikmah Ringinharjo Sragen Tahun Ajaran 2011 / 2012

Rahayu, Dewi (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Bercakap – Cakap Pada Kelompok B Di Ra Nurul Hikmah Ringinharjo Sragen Tahun Ajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (492kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03.__BAB_1.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (BAB IV)
06._BAB_VI.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (479kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak melalui metode bercakap-cakap pada kelompok B di RA Nurul Hikmah Ringinharjo Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelompok B di RA Nurul Hikmah Ringinharjo Sragen Tahun Ajaran 2011/2012 sejumlah 20 anak. Data variabel kemampuan berkomunikasi dan data pelaksanaan bercakap-cakap. Data kemampuan berkomunikasi dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan catatan lapangan sedangkan data pelaksanaan bercakap-cakap dikumpulkan melalui observasi yang berupa checklist. Data kemampuan berkomunikasi dianalisis menggunakan analisis komparatif dan data pelaksanaan bercakap-cakap dianalisis menggunakan analisis interaktif. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase kemampuan berkomunikasi dari prasiklus sampai dengan siklus III, yakni rata-rata kemampuan berkomunikasi anak pada prasiklus 45,04%, pada siklus I mencapai 55,08%, pada siklus II mencapai 65%, dan pada siklus III mencapai 75,12%. Dengan demikian metode bercakap-cakap dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada anak kelompok B di RA Nurul Hikmah Ringinharjo Sragen Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berkomunikasi, Metode Bercakap-cakap
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2012 07:36
Last Modified: 13 Sep 2012 07:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19923

Actions (login required)

View Item View Item