Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 04 Tegalgede Tahun Pelajaran 2011/2012

Abriyani, Riyana (2012) Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 04 Tegalgede Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (437kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3_RINANA_BAB_1.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
4_RINANA_BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab III)
5_RIYANA_BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab IV)
6_RIYANA_BAB_4_NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab V)
7_RINANA_BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8_RINANA_BAB_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
9_RINANA_BAB_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (250kB)

Abstract

Kemandirian siswa dalam belajar sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar, kemandirian yang dimiliki diharapkan siswa dapat memanfaatkan waktu baik disekolah maupun dirumah, maupun buku-buku pegangan yang ditetapkan oleh guru, perpustakaan sekolah, dan lain sebagainya, demikian juga lingkungan belajar siswa diantaranya lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS, pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS, pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS kelas V SD Negeri 04 Tegelgede Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 04 Tegalgede pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 20 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini merupakan sampel populasi. Teknik pengumpulan datanya dengan dokumentasi, angket dan observasi. Alat analisis data yang digunakan dengan analisis regresi, uji F, korelasi, dan uji t. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah : (1) Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 04 Tegalgede Tahun Pelajaran 2011/2012, dengan kontribusi sebesar 37,40%; (2) Lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 04 Tegalgede Tahun Pelajaran 2011/2012, dengan kontribusi sebesar 55,90%; (3) Kemandirian belajar dan Lingkungan belajar berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 04 Tegalgede Tahun Pelajaran 2011/2012, dengan kontribusi sebesar 46,30%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian belajar, lingkungan belajar, prestasi belajar IPS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 13 Sep 2012 05:39
Last Modified: 13 Sep 2012 05:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19916

Actions (login required)

View Item View Item