Penerapan Strategi Guided Teaching Dengan Metode Generative Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (Ptk Pembelajaran Matematika Kelas Vii Semester Ii Smp N 2 Tasikmadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012)

CITRA WATI, BUDHI (2012) Penerapan Strategi Guided Teaching Dengan Metode Generative Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (Ptk Pembelajaran Matematika Kelas Vii Semester Ii Smp N 2 Tasikmadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (171kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (NaskahPublikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar persegi dan persegi panjang setelah dilakukan pembelajaran melalui strategi guided teaching dengan metode generative learning. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Tasikmadu, Karanganyar yang berjumlah 32 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah guru kelas VII D dibantu oleh peneliti. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar persegi dan persegi panjang. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa mengajukan pertanyaan mengenai materi sebelum tindakan 21,88% dan setelah tindakan 65,63%, 2) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 15,63% dan setelah tindakan 62,5%, 3) kemampuan siswa mengemukakan ide/gagasan sebelum tindakan 18,75% dan setelah tindakan 65,63%, serta 4) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan sebelum tindakan 21,88% dan setelah tindakan 71,88%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi guided teaching dengan metode generative learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa pada pokok bahasan bangun datar persegi dan persegi panjang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi, guided teaching, generative learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 12 Sep 2012 11:43
Last Modified: 17 Jan 2019 07:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19913

Actions (login required)

View Item View Item