Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Sawahan Juwirin Klaten Tahun Ajaran 2011/2012

INDRIAWATI , LINDA (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Sawahan Juwirin Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPA melalui strategi pembelajaran crossword puzzle pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sawahan tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sawahan Juwiring Klaten yang berjumlah 37 siswa dan guru kelas IV. Pelaksana tindakan adalah peneliti yang berperan sebagai guru berkolaborasi dengan guru kelas IV. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan satu kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri 1 Sawahan sebelum pelaksanaan tindakan siswa yang bisa mencapai nilai ketuntasan belajar ada 16 siswa dengan presentase 43,24% setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I siswa yang bisa mencapai nilai ketuntasan belajar ada 22 dengan presentase 61,11%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan dengan nilai ketuntasan belajar 83,78% atau 31 siswa. Dengan demikian penilitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran crossword puzzle dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, crossword puzzle
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 12 Sep 2012 11:30
Last Modified: 12 Sep 2012 11:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19910

Actions (login required)

View Item View Item