INDRIAWATI , LINDA (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Sawahan Juwirin Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Hal depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (821kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Dapus)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPA melalui strategi pembelajaran crossword puzzle pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sawahan tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sawahan Juwiring Klaten yang berjumlah 37 siswa dan guru kelas IV. Pelaksana tindakan adalah peneliti yang berperan sebagai guru berkolaborasi dengan guru kelas IV. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan satu kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri 1 Sawahan sebelum pelaksanaan tindakan siswa yang bisa mencapai nilai ketuntasan belajar ada 16 siswa dengan presentase 43,24% setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I siswa yang bisa mencapai nilai ketuntasan belajar ada 22 dengan presentase 61,11%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan dengan nilai ketuntasan belajar 83,78% atau 31 siswa. Dengan demikian penilitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran crossword puzzle dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, crossword puzzle |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2012 11:30 |
Last Modified: | 12 Sep 2012 11:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19910 |
Actions (login required)
View Item |