Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Tentang Kenampakan Alam Dan Buatan Di Indonesia Dengan Strategi Make A Match Kelas V Sd Negeri 2 Ngargosari Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012

PRADANA, TAUFIK IMAM (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Tentang Kenampakan Alam Dan Buatan Di Indonesia Dengan Strategi Make A Match Kelas V Sd Negeri 2 Ngargosari Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (843kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (249kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
10.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (336kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan penerapan strategi Make a Match pada siswa kelas V SD Negeri 2 Ngargosari Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan strategi Make a Match yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 2 Ngargosari yang berjumlah 17 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari hasil post test yang dilakukan di akhir proses pembelajaran dan menunjukkan adanya peningkatan hasi belajar IPS siswa kelas V. Sebelum diberikan tindakan penelitian, hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM (≥70) hanya 35,29%, setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 58,82%, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,35%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan strategi Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 2 Ngargosari Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, strategi Make a Match
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 12 Sep 2012 11:21
Last Modified: 12 Sep 2012 12:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19907

Actions (login required)

View Item View Item