Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Siswa Kelas IV SDN 01 Kalisoro Tawangmangu Karanganyar Tahun Ajaran 2011/201

Susilowati, Retna Tri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Siswa Kelas IV SDN 01 Kalisoro Tawangmangu Karanganyar Tahun Ajaran 2011/201. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (284kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (288kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012 melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Bentuk penelitian dalam skripsi ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan populasi dalam penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro tahun 2011/2012 dengan jumlah populasi sebanyak 32 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang ada di kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro yang berjumlah 32 siswa. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan yaitu metode pokok yang meliputi metode test, observasi dan dokumentasi. Metode test digunakan untuk mendapatkan prestasi belajar matematika setelah siswa mendapatkan pengajaran siklus I dan siklus II., metode observasi digunakan untuk mengetahui kondisi sekolah, kondisi siswa saat mendapatkan pengajaran baik pada siklus I, maupun II, metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui nama responden penelitian. Untuk menguji kesahihan data digunakan triangulasi data, dan triangulasi metode. Dalam proses analisa ada tiga komponen yang harus disadari oleh peneliti. Tiga komponen tersebut adalah : 1) data reduksi; 2) sajian data, 3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Adanya peningkantan rata-rata yang diperoleh siswa. Pada data awal 61,09; kemudian pada test siklus pertama 70,78: pada siklus kedua menjadi 74,92. 2) adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa yang pada data awal hanya 46,87% dan pada test sisklus pertama 71,87% pada siklus Kedua menjadi 81,25%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui strategi Pembelajaran berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro Tawangmangu tahun 2011/2012 .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Sep 2012 11:09
Last Modified: 12 Sep 2012 11:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19905

Actions (login required)

View Item View Item