Peningkatan Keterampilan Menulis Dialog Percakapan Melalui Media Pembelajaran Gambar Seri Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ii Bowan Tahun Pelajaran 2011/2012

PRIHATMOKO, ZOZOK (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Dialog Percakapan Melalui Media Pembelajaran Gambar Seri Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ii Bowan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (394kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (131kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (575kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas dengan rumusan masalah “Apakah penerapan media Gambar Seri dapat meningkatkan keterampilan menulis dialog percakapan pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bowan II, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/ 2012?”. Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan keterampilan menulis dialog percakapan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri II Bowan, Kecmatan Delanggu, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/ 2012 dengan penggunaan media pembelajaran gambar seri. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri II Bowan yang berjumlah 14 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti dan guru. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode, observasi, wawancara,dan tes. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan model interaktif yang meliputi tahap analisis data, reduksi data, penyajian data, penarikan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tentang matei menulis karangan. Hasil belajar pada kondisi awal 35,71% mengalami peningkatan 64,29% pada siklus I dan 85,71% pada siklus II. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran dengan menggunakan media Gambar Seri materi menulis pada siswa kelas V SD Negeri Bowan II tahun ajaran 2011/2012 dapat meningkatkan hasil belajar pemahaman siswa sebesar 85,71% pada putaran kedua dari yang diinginkan yaitu sebesar 80%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar bahasa indonesia, media gambar seri.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 12 Sep 2012 11:00
Last Modified: 12 Sep 2012 12:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19903

Actions (login required)

View Item View Item