Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Sd Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun 2011/2012

CAHYANI , DYAH ARLIA (2012) Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Sd Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (552kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (554kB)

Abstract

Tujuan penelitian dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas III SD Muhammadiyah 3 Surakarta tahun 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyan 3 Surakarta Tahun 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 31 siswa sehingga semuanya dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket secara tertutup dengan skala Likert, dokumentasi dan wawancara. Uji instrumen, terdiri dari uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis, terdiri dari uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis data, terdiri dari uji regresi linear sederhana, uji t, uji F dan R2. Simpulan: (1) Motivasi orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa, hal ini dibuktikan dengan uji t diperoleh nilai thitung > ttabel (7,055 > 2,045) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). (2) Besarnya kontribusi motivasi orang tua dalam menerangkan prestasi belajar matematika sebesar 0,632 atau 63,2% sedangkan sisanya 36,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi orang tua, prestasi belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 12 Sep 2012 10:51
Last Modified: 12 Sep 2012 10:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19899

Actions (login required)

View Item View Item