Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang Bagi Siswa Kelas V Sd Negeri Iv Baturetno Tahun 2011/2012

TRIWIDATI, ASIH (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang Bagi Siswa Kelas V Sd Negeri Iv Baturetno Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (668kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
04._BAB_I.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._BAB_V.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Lampiran)
08._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (653kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas dengan rumusan masalah “Apakah model pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD Negeri IV Baturetno Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan ada tindakan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang.Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri IV Baturetno yang berjumlah 16 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti dan guru. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tentang materi organ tubuh manusia. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar pada kondisi awal 25% mengalami peningkatan 43,75% pada siklus I dan 50% pada siklus II. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri IV Baturetno tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPA, kelompok bongkar pasang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 12 Sep 2012 10:51
Last Modified: 12 Sep 2012 12:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19898

Actions (login required)

View Item View Item