Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Metode Guided Note Taking Pada Siswa Kelas Vi Sdn 03 Tawangsari, Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun 2011/2012

PURNANTO, SIGIT (2012) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Metode Guided Note Taking Pada Siswa Kelas Vi Sdn 03 Tawangsari, Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (221kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (77kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Hasil penelitian diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan masukan dalam rangka meningkatkan mutu belajar siswa serta penentu kebijakan,pembelajaran dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PKn. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VI SDN 03 Tawangsari, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, jumlah siswa 20 anak, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan sejak bulan September sampai Desember 2011. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi dan tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas VI pada pre siklus yang tuntas 5 siswa (25 %) siswa dengan nilai rata-rata 50,5, setelah siklus I terjadi peningkatan sebesar 20 % dimana presentase ketuntasan menjadi 9 siswa (45%) dengan nilai rata-rata 62, pada siklus II peningkatan mencapai 30 % sehingga hasil akhir pada siklus II menjadi 15 siswa (75%) siswa tuntas dengan rata-rata nilai 72.2. sebagai pemantapan di siklus III hasil akhir diperoleh ketuntasan siswa 17 siswa (85%) dengan rata-rata nilai 76. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah dengan penerapan “Metode Guide Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas VI SD Negeri 03 Tawangsari Tahun Pelajaran 2011/2012”

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar PKn, metode Guide Note Taking
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 12 Sep 2012 10:42
Last Modified: 12 Sep 2012 12:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19896

Actions (login required)

View Item View Item